Notification

×

Iklan

Iklan

Wawako Erwin Yunaz : Perlu Pembinaan Semangat Juang Ke Generasi Muda

06 Desember 2018 | 19.33 WIB Last Updated 2018-12-06T12:33:42Z


Payakumbuh - Dihadapan 150 tokoh masyarakat, Ormas, Adat, Agama dan mahasiswa di Kota Payakumbuh yang hadir dalam acara peringatan Hari Bela Negara ke 70 di Aula Peternakan Kesehatan Hewan, Kota Payakumbuh, Kamis (6/12), Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz meminta kepada seluruh peserta untuk bisa membina generasi penerus bangsa agar sadar bagaimana perjuangan para pahlawan untuk meraih kemerdekaan. Semangat ini sangat diperlukan untuk menciptakan keselarasan hidup bermasyarakat sesuai dengan Pancasila dan UUD 45.

Permintaan Wakil Walikota ini hanya ingin generasi muda memiliki rasa cinta tanah air dan kesadaran berbangsa maupun negara kepada generasi muda. Jika hal ini terwujud, maka tidak perlu lagi menitipkan Indonesia kepada generasi muda saat ini nantinya. Pasalnya, rasa nasionalisme tertanam disanubari mereka.

Untuk terciptanya hal tersebut, Erwin menitip pesan agar materi acara Hari Bela Negara ke 70 ini disampaikan kepada generasi muda oleh peserta. Cerita dan semangat juang pahlawan dulu harus dimengerti oleh anak muda.

"Selepas acara dan keluar dari ruangan ini, saya ingin bapak, ibu dan adik-adik mahasiswa bisa menceritakan semangat dan jasa pahlawan kita kepada generasi muda diluar sana. Tanamkan kepada mereka nasionalisme agar nantinya mereka bisa bersama-sama kita untuk meraih cita-cita kemerdekaan," kata Erwin.

Erwin juga menuturkan hal yang menjadi pegangan Presiden Pertama RI, Soekarno yang selalu menghargai sejarah. Bahkan Soekarno pernah berpesan "Bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu ingat sejarah bangsanya".

"Yang paling sulit itu bagaimana mempertahankan kemerdekaan ini, bukan meraihnya. Jadi perlu menanamkan nasionalisme terhadap bangsa dan negara Indonesia ini kepada generasi muda," kata Erwin. 

Sementara itu, ketua Panitia Peringatan Hari Bela Negarabyang juga kepala Kebangpol Kota Payakumbuh, Budhy D Permana mengatakan acara peringatan hari Bela Negara ini diadakan tidak lain untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara. Jika hal itu bisa terwujud, untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan akan mudah tercipta nantinya. (BD)
×
Kaba Nan Baru Update