Notification

×

Iklan

Iklan

Dahsyatnya Media Sosial Interaktif Dalam Gagalnya Kudeta Militer Di Turki

16 Juli 2016 | 11.16 WIB Last Updated 2016-07-16T04:58:13Z


Inilah salah satu kunci sukses gagalnya Kudeta Militer di Turki. Kudeta militer praktis berhasil digagalkan hanya dalam 5 jam. 

Sebelum Erdogan muncul, belum ada sama sekali rakyat yang berkumpul turun ke jalan-jalan. Mereka semua hanya dalam posisi “menonton”. Kemudian tampillah Erdogan berbicara kepada rakyatnya melalui telepon, dan video/gambar ini segera tersebar, dimana sang pemimpin (Erdogan) dengan jelas meminta rakyat untuk turun melawan kudeta. Erdogan via Skype yang kemudian disiarkan LIVE oleh CNN Turki, dimana Erdogan menyatakan telah terjadi kudeta dan menyeru Rakyat Turki turun ke jalan. Erdogan juga meyakinkan kudeta akan segera bisa digagalkan. 

Ya...media sosial Interaktif Skype, memberi peran penting tersebarnya pidato himbauan dari Presiden Erdogan kepada rakyatnya

Berikut videonya:



Setelah pidato Erdogan terpublikasi maka kondisi berubah 180 derajat, rakyat turun memenuhi jalan-jalan dan mengepung kendaran-kendaraan militer sehingga gagal digerakkan. Erdogan dan partainya mampu membangun loyalitas dan kepercayaan pada dirinya di dalam tubuh internal militer dan pemerintahan, ia memiliki pengaruh yang kuat dalam militer.

Berlanjut dengan statemen-stateman dari pemimpin Turki, bahkan juga pihak oposisi, yang menjadikan rakyat semakin yakin bahwa jumlah kudeta adalah kelompok kecil yang bisa diatasi. Statemen tegas pemimpin yang memberikan arahan pada rakyat apa yg harus dilakukan + kokohnya militer yang mendukung legalitas pemerintahan + rakyat yang sadar dan peduli, serta kondisi perpolitikan yang penuh mendukung Erdogan dan negara, menjadikan kudeta ini gagal hanya dalam 5 jam saja.  (***)
×
Berita Terbaru Update