Notification

×

Iklan

Iklan

PERANTAU GALO GANDANG PULANG BASAMO

12 Juli 2016 | 12.20 WIB Last Updated 2016-07-12T05:20:57Z


Tanah Datar - Bupati Irdinansyah Tarmizi menghadiri undangan dari para perantau Galo Gandang yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Perantau Galo Gandang (IKAPGA) di halaman Balai Adat Jorong Galo Gandang Nagari III Koto, Sabtu (09/07).

Undangan silahturahmi yang dihadiri bupati ini merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh perantau Galo Gandang yang para tahun ini pulang dengan 230 mobil ditambah 2 bus. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan IKAPGA sudah dimulai dari Jakarta dan dilanjutkan di kampung halaman.

Rangkaian acara dimulai pada hari Minggu (03/07) dengan disambutnya kedatangan perantau oleh Bupati Irdinansyah Tarmizi di Gedung Indo Jolito, kemudian dilanjutkan dengan serangkaian kegiatan, salawaik dulang, manciang mania, buek pariuak, pacu jawi, Tabliq akbar dan pada hari ini akan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dari perantau untuk pembangunan ran renovasi mesjid raya Galo Gandang sebesar Rp. 116 juta yang berasal dari sumbangan para perantau.

Ketua IKAPGA, Ilfa Yusmadi Menyampaikan ucapan terimakasih yang mendalam kepada Bupati Irdinansyah Tarmizi dan pemerintah daerah karena telah bersedia meluangkan waktu untuk menyambut serta menghadiri undangan dari para perantau semoga kepala daerah selalu berada dalam keadaan sehat sehat saja, di tenagh padatnya aktifitas yang dijalani.

"Kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi, adalah merupakan salah satu modal dasar kita untuk mengembangkan potensi yang telah diwariskan dan menjadi ikon yang mempunyai nilai jual sebagai mana kita ketahui bahwa Galo Gandang memiliki sentral pembuatan pariuk dari tanah yang merupakan produk langka serta memiliki nilai jual dan estetika yang tinggi, tinggal bagaimana masyarakat baik yang di kampung halaman maupun yang berada di perantauan dapat bekerjasama Dengan pemerintah daerah."

"Warisan budaya yang telah mendunia ini tinggal kita berasama untuk mengelolanya, kepada pemerintah daerah diharapkan untuk bisa melakukan pembinaan kepada pengrajin terkait mengenai pengelolaan, manajemen serta pemasaran." ujar Ketua IKAPGA.

Bupati Irdinansyah Tarmizi pada awal sambutan menyampaikan ucapan selamat datang di kampung halaman serta mendoakan semoga para perantau selalu berada dalam keadaan sehat dan rezeki bertambah,  sehingga dapat terus membantu kampung halaman dan ucapan terimakasih yang mendalam atas segala bantuan baik moril maupun materil dari para perantau untuk kampung halaman seperti pemberian bantuan renovasi mesjid senilai Rp 116 juta.

Bupati Irdinansyah Tarmizi juga menyampaikan beberapa informasi terkait prestasi yang telah diraih Tanah Datar serta program program pemerintah daerah baik yang telah dilaksanakan maupun dalam proses perencanaan. Terkait masukan atau saran dari ketua IKAPGA, bupati menyampaikan akan meminta instansi terkait untuk melakukan langkah langkah konkret dalam upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya Galo Gandang (sentral pembuatan pariuk).

Di penghujung acara Bupati Irdinansyah Tarmizi menyaksikan penyerahan bantuan dari perantau kepada pengurus mesjid untuk dipergunakan merenovasi mesjid. Bupati dengan tanpa mengurangi rasa hormat kepada penghulu adat,ninik mamak,  alim ulama, cadiak pandai, bundo kanduang dan para perantau memohon izin untuk segera meninggalkan acara dan tidak dapat makan bersama karena masih banyak agenda daerah yang harus dihadiri. Semoga hubungan silaturrahmi antara pemerintah dan para perantau Tanah Datar se-nusantara terus berlanjut demi kemajuan Luak Nan Tuo.  (hms/ss)
×
Kaba Nan Baru Update