Notification

×

Iklan

Iklan

Jangan Pakai Kresek Hitam Untuk Daging Kurban

06 September 2016 | 18.22 WIB Last Updated 2016-09-06T11:26:28Z

Di Hari Raya Idul Adha, kantong kresek seringkali dimanfaatkan sebagai wadah daging kurban. Di balik sifatnya yang praktis dan murah, kantong kresek mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa mengontaminasi makanan di dalamnya. 

Institut Pertanian Bogor (IPB-) mengimbau agar daging kurban tidak dimasukan dalam kantung kresek berwarna hitam. Dosen Fakultas Kedokteran Hewan IPB, Yusuf Ridwan, menyatakan tas kresek berwarna hitam mengandung zat pewarna yang bisa tercampur dengan daging dan disinyalir mengandung zat karsinogen yang bisa menyebabkan kanker."Kami imbau masyarakat menggunakan kantung putih atau transparan," ungkapnya via medsos. ( 6/9).

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga telah mengeluarkan peringatan resmi tentang bahaya kantong kresek. Berdasarkan hasil penelitian,  kantong kresek, terutama warna hitam, merupakan produk daur ulang mengandung bahan kimia berbahaya. 

Tak hanya itu, dalam proses daur ulang, produsen juga tak memerhatikan riwayatnya. "Apakah bekas wadah pestisida, limbah rumah sakit, kotoran hewan, kotoran manusia, atau limbah logam berat," demikian petikan peringatan BPOM tentang kantong kresek. 

BPOM meminta masyarakat tak menggunakan kantong kresek sebagai wadah makanan, terutama makanan siap santap. Selain diragukan kebersihannya, kantong kresek berwarna dikhawatirkan mengandung zat karsinogen yang dalam pemakaian jangka panjang dapat memicu kanker.

Bahan kimia plastik tak hanya mudah terurai dan migrasi ketika terkena makanan panas. Namun, juga makanan mengandung asam, cuka, vitamin c, berminyak atau berlemak. Tak berlebihan jika Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor dan Institut Pertanian Bogor (IPB)  mengimbau agar daging kurban tidak dimasukkan dalam kantong kresek, terutama warna hitam.

Selain kantong kresek, kemasan plastik berbahan polivinil klorida (PVC) dan kemasan makanan styrofoam juga berisiko melepaskan bahan kimia berbahaya. Jangan menggunakan kemasan makanan mengandung PVC sebagai wadah makanan panas, berminyak, berlemak atau mengandung alkohol

" Sekali lagi, Tolong ingatkan ke panitia Qurban untuk tidak pake plastik hitam atau yang berwarna, pakailah yang transparan, " pesan Yusuf Ridwan .( Budi/ amoi)

×
Berita Terbaru Update