Notification

×

Iklan

Iklan

Selamatkan Air Terjun Singunung di Siberut, Kepulauan Mentawai dari Eksploitasi HPH

16 November 2016 | 17.09 WIB Last Updated 2016-11-16T13:25:34Z


Air terjun Singunung yang indah, terancam rusak karena berada dalam konsesi HPH (IUPHHK-HA) PT. Salaki Summa Sejahtera (SSS). Lokasinya masuk dalam Rencana Kerja Tahunan (RKT) HPH tahun 2017, berada di petak 485 dan 486.

Jika penebangan pohon berlangsung di hutan sekitar kawasan air terjun, air sungai akan tercemar longsoran tanah. Pohon-pohon sebagai penyerap air dan penahan longsor akan lenyap. Masyarakat Sirilanggai yang tinggal di hilir sungai, yang sebelumnya sudah sering terkena banjir akan tertimpa bencana lebih besar lagi.
Air terjun Singunung berada di Desa Malancan, Siberut Utara, Mentawai. Air terjun ini hulu dari Sungai Kauma (Sikauma) yang bermuara di Dusun Sirilanggai Desa Malancan.

Berada di ketinggian 90 mdpl, air terjun ini dikelilingi hutan tropis dengan vegetasi yang masih rapat, diantaranya pohon meranti bertajuk lebar dan besar. Air terjunnya bertingkat tiga dengan air jernih dan ikan yang banyak. Di tingkat pertama, ada goa tempat bersarang burung walet. Saat memasuki daerah ini, suara primata endemik Mentawai seperti bilou akan menyambut.

Pemerintah harus menyelamatkan kawasan air terjun ini. Jangan biarkan kawasan yang berpotensi untuk lokasi wisata ini rusak dan menimbulkan bencana banjir.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan harus mengeluarkan areal ini dari RKT PT. SSS.

Sumber: change.org


×
Kaba Nan Baru Update