Notification

×

Iklan

Iklan

CURAH HUJAN TINGGI, JALUR PADANG - PAINAN TERPUTUS DAN JEMBATAN AKAR TERANCAM LENYAP 

06 Januari 2017 | 09.47 WIB Last Updated 2017-01-06T02:52:03Z

Pessel — Seperti yang telah disampaikan oleh BMKG bahwa hujan dengan tingkat intensitas sedang hingga deras akan mengguyur wilayah Sumbar .  Curah hujan dan debit air yang cukup tinggi  mengakibat longsor, dan banjir di sejumlah daerah, Kamis (05/01).

Seperti banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan, yang diperkirakan sebagai banjir terparah pada awal tahun 2017 ini. Karena luapan air menutup akses transportasi dari Padang menuju Painan.


Diketahui banjir mulai meningkat pada Kamis (05/01) pagi pukul 06.30 WIB. Menurut data yang diperoleh dari Posko PMI Kabupaten Pesisir Selatan, daerah yang terkena banjir yaitu:
-Kecamatan Batang Kapas.
-Kampung Jambak Simpang Tabek, Kenagarian IV Koto Hilie (1 meter)
-Kampung Sungai Nyalo (40 centimeter)
-Kampung Taratak Tempatih (20 centimeter)
-Simpang Kampung Ladang Anakan, Kenagaian Koto Nan Duo (30 centimeter)
-SMPN 4 Batang Kapas (30 centimeter)
-Kampung Jalamu Kenagarian IV Koto Hilie (30 centimeter)
-Kenagarian Duku Selatan, Kecamatan Koto XI Tarusan (1 meter)
-Kenagarian Duku Utara (30 centimeter)
-Kenagarian Barung Barung Balantai (30 centimeter).


Dari dampak bencana tersebut puluhan rumah terendam banjir, dan arus lalu lintas Padang-Painan putus total sejak pukul 06.00 WIB Kamis pagi .

Jembatan Akar Bayang Pessel Terancam Lenyap 


Seorang netizens yang bernama Hetcho Wijaya mengabarkan lewat video yang diunggahnya, kondisi jembatan akar yang merupakan tempat wisata eksotis di Pessel terancam Lenyap oleh derasnya arus air sungai.

Arus air yang cukup kuat ditambah debit air yang tinggi mengakibatkan terkikisnya tepian sungai tempat pohon berakar itu tumbuh. Jika pohon yang diperkirakan berusia ratusan tahun itu tercerabut akarnya, tak ayal lagi Destinasi wisata terunik di Sumatera Barat ini bakal lenyap.

Langkah antisipasi memang telah diambil oleh Pemda Pessel dengan membangun jembatan baru di dekat jembatan akar tersebut. Dengan tujuan untuk mengurangi beban jembatan dari banyaknya wisatawan yang melintas jembatan akar tersebut.

Putra / Budi

Berikut video kondisi Jembatan Akar - Bayang di Pesisir Selatan saat diterpa derasnya air;


×
Kaba Nan Baru Update