Notification

×

Iklan

Iklan

PUNCAK HPSN, MASYARAKAT ANTUSIAS TUKARKAN SAMPAH DENGAN SEMBAKO

21 Februari 2017 | 16.42 WIB Last Updated 2017-06-11T05:24:33Z

Padangpanjang– Puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tingkat Kota Padangpanjang dilaksanakan dengan penukaran sampah yang telah dipilah oleh masyarakat, pelajar dan ASN di halaman Kompi Markas Secata B, tepatnya di Jalan Sudirman Kelurahan Balai-balai, Selasa (21/2), terlihat ratusan masyarakat dan pelajar cukup antusias menukarkan sampah yang sudah dipilah seperti kardus, kertas, kaleng dan tembaga.

Dalam sambutannya Plt. Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kota Padangpanjang Delfianto, mengatakan, kegiatan peduli sampah di tingkat Kota Padangpanjang  tahun ini untuk meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pengolahan sampah rumah tangga menjadi lebih bermanfaat.


Sementara itu ditempat yang sama Kabid Pengelolaan Sampah dan Pengendalian Pencemaran pada Dinas Perumahan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kota Padangpanjang Arkes Refagus, kepada pasbana.com menambahkan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan, untuk tingkat Kota Padangpanjang peringatan hari peduli sampah dilaksanakan dengan beberapa kegiatan.

“Peringatan hari peduli sampah untuk tingkat Kota Padangpanjang dilaksanakan berbagai kegiatan, diantaranya gotong royong membersihkan sungai di batang air bakarek-karek yang muara airnya mengalir kelaut, selain itu juga dilaksanakan gotong royong di kelurahan dan terahir kegiatan menukarkan sampah dengan sembako yang melibatkan semua stakeholder,” jelas Arkes.

Sampah pilah yang telah terkumpulkan, selanjutnya di olah di Bank Sampah untuk di proses menjadi alat-alat yang bermanfaat dan bernilai jual, untuk itu diharapkan masyarakat, bisa memilah sampah-sampah rumah tangga, khususnya sampah yang tidak bisa terurai kemudian dibawa ke Bank Sampah dengan demikian penumpukan sampah di tempat pembuangan akhir sampah bisa berkurang.
“Kita berharap pelajar dan masyarakat untuk bisa mengganti sampah pilahnya di bank sampah, di acara penukaran sampah dengan sembako yang kita lakukan, juga diberikan reward bagi yang memiliki sampah pilah terbanyak,” terangnya.

Sebagai ketua pelaksana kegiatan Arkes juga menambahkan, pengolahan sampah juga sudah bisa dilakukan di masing masing kelurahan, sehingga masyarakat dapat langsung memberikan sampah-sampah yang sudah di diolah ke bang sampah yang telah disediakan.


“Untuk Bank Sampah sendiri kita tetap memberikan pembinaan-pembinaan berupa peralatan dan bantuan gedung tempat bang sampah sehingga sampah tersebut bisa dijemput dan diantar langsung oleh masyaraat itu sendiri,” tukasnya.

Lebih lanjut Arkes juga mengatakan, untuk  pengolahan sampah yang berada di tempat pembuangan akhir sampah di sungai andok juga dipilah kembali sehingga baik sampah basah dan kering diurai kembali, sementara itu khusus untuk sampah tanamana juga akan dipilah lagi sehingga nantinya dapat menjadi kompos yang akan di alirkan ke rumah-rumah warga berada di sekitar tempat pembuangan sampah akhir.

Sementara itu salah seorang warga Nurmi Anita yang ikut menukarkan sampah pilahnya dengan sembako, berharap, penyelenggaraan penukaran sampah pilah dengan sembako menjadikan masyarakat Kota Padangpanjang semakin menyadari akan pentingnya kebersihan lingkungan dan Kota Padangpanjang yang bersih dari pencemaran sampah menjadi nyata.

“Dengan kegiatan ini tentunya kita berharap, kesadaran kita sebagai masyarakat semakin meningkat dalam pengelolaan sampah demi menjaga kebersihan lingkungan dan menjadikan Padangpanjang yang bersih,” papar ibu dua anak itu.

Kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tingkat Kota Padangpanjang di buka secara resmi oleh Asisten I Drs.Asrul mewakili Walikota, dihadiri Kepala SOPD, sekolah dan masyarakat yang membawa bermacam-macam sampah yang sudah dipilah yang akan ditukar dengan sembako.(Putra/ade)
×
Kaba Nan Baru Update