Notification

×

Iklan

Iklan

PANGKALAN 50 KOTA BANJIR SETINGGI DADA ORANG DEWASA

03 Maret 2017 | 10.26 WIB Last Updated 2017-03-03T03:56:50Z

Limapuluh Kota - Sejumlah wilayah di Kabupaten Limapuluh Kota dikabarkan terkepung oleh banjir. Dan kondisi yang paling parah terjadi di Kecamatan Pangkalan Koto Baru , saat berita ini diturunkan ,  ketinggian air telah mencapai dada orang dewasa, Jumat ( 3/3). Banjir yang terjadi ini akibat adanya hujan yang mengguyur Kabupaten Limapuluh Kota sepanjang Kamis 2 Maret 2017 hingga Jumat 3 Maret 2017 pagi.
Kepala Pelaksana BPBD Limapuluh Kota, Nasryanto mengatakan, air mulai naik sekitar pukul 04.00 WIB dini hari tadi. "Air naik sejak dini hari tadi hingga sekarang air telah mencapai dada orang dewasa," ucap Nasryanto.Hingga saat ini, BPBD Limapuluh Kota, BPBD Payakumbuh dan TNI/Polri masih melakukan evakuasi terhadap masyarakat. "Untuk korban jiwa hingga saat ini belum ada dan untuk kerugian materi masih kita data," lanjut Nasryanto
.

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi telah menggerakkan jajarannya segera melakukan pertolongan pertama pada korban di wilayah yang tergenang banjir.
"Saya sudah perintahkan BPBD dan OPD terkait agar menangani bencana ini secepatnya. Pastikan keselamatan masyarakat kita. Terutama balita, anak-anak, lansia, penyandang disabilitas dan ibu hamil. Segera dirikan posko kedaruratan dan siapkan kebutuhan logistik," himbau Bupati.
 Pihaknya juga meminta bantuan kepada PT PLN, terutama pengelola Waduk PLTA Koto Panjang agar dapat membuka pintu waduk secara perlahan-lahan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi meluasnya banjir di Pangkalan yang dapat menutup akses jalan Sumbar-Riau.
Disebutkan Bupati, tidak hanya banjir, di daerah Sarilamak, Harau menuju Pangkalan, tepatnya di ruas jalan Hulu Aia Kilometer 17 Sumbar-Riau juga terjadi longsor dan menimbun badan jalan. Dia berharap bencana tersebut bisa teratasi secepatnya.
"Kepada pengguna jalan Sumbar-Riau, saya mengimbau untuk tetap tenang dan menangguhkan dulu perjalanan yang melewati jalur Limapuluh Kota sampai debit air surut kembali. Semoga Allah SWT melindungi kita bersama. Terlebih masyarakat kami yang ditimpa bencana. Aamiin," tutupnya
Source : klikpositif.com
×
Kaba Nan Baru Update