Notification

×

Iklan

Iklan

Kepengurusan Pegiat Literasi Padang Panjang Dikukuhkan

23 Mei 2017 | 07.44 WIB Last Updated 2023-01-30T00:56:08Z


Padang Panjang, pasbana - Bertempat di Gedung Senja Kenangan - Bukit Surungan Kota Padang Panjang,  para pegiat literasi yang tergabung dalam Forum Pegiat Literasi Kota Padang Panjang dikukuhkan kepengurusannya secara resmi oleh Walikota Padang Panjang Hendri Arnis BSBA, Senin ( 22/5).

Dengan mengenakan baju seragam warna biru toscha, para pegiat literasi sempat ditanyakan kesungguhannya dalam berjuang secara ikhlas oleh Walikota sebelum dikukuhkan. " Apakah Saudara telah ikhlas dan siap untuk  bersungguh-sungguh berjuang menjadi Pegiat Literasi? " tanya Walikota Hendri Arnis.

Dan pertanyaan itupun dijawab dengan tegas dan kompak , "Kami Siap ". Memang bukanlah perjuangan yang mudah dan singkat untuk mampu mengajak masyarakat Kota Padang Panjang gemar membaca dan menulis dalam kehidupan sehari-hari. Namun dengan tekad yang kuat dan ikhlas, cita-cita itu bukanlah hal yang tidak mungkin untuk dicapai. 

Forum Pegiat Literasi Padang Panjang yang terbentuk pada 7 Maret 2017, dalam seusianya yang seumur jagung berhasil mendorong beberapa event positif di dunia literasi Kota Padang Panjang.

Acara pengukuhan Forum Pegiat Literasi Padang Panjang ini juga diisi sebelumnya dengan  Sarasehan Sinergi Gerakan Literasi Kota Padang Panjang. Dengan mengusung tema Bersama Mewujudkan Gerakan Literasi Menuju Generasi Padang Panjang Yang Gemar Membaca ini memberi penguatan arti Gerakan Literasi dalam pembentukan karakter generasi muda. Bertindak sebagai pemateri adalah Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang,  Dr. Desmon dan Pendiri sekaligus Pembina Komunitas Puisi Seni Kuflet, Dr. Sulaiman Juned.

Dalam penyampaian materinya, kedua pemateri menegaskan bahwa literasi memegang peranan penting dalam usaha mencerdaskan dan membentuk kepribadian yang baik bagi generasi muda .


Ketua FPL Kota Padangpanjang, Muhammad Subhan, pada pasbana.com, mengungkapkan, meskipun pelantian pengurus FPL sempat tertunda beberapa kali, namun dengan telah dilantik pada Senin lalu, semakin mengokohkan tekad dan perjuangan FPL dalam mewujudkan Padangpanjang sebagai kota literasi.

“Kepengurusan sudah terbentuk beberapa bulan lalu, dan pelantikan pengurus baru bisa terlaksana senin lalu, ini akan semakin memantabkan kita di FPL untuk berjuang dalam mewujudkan Padangpanjang sebagai Kota Literasi di Sumatera Barat,” ungkap Subhan.

Direntang waktu pembentukan hingga dilantik, FPL Kota Padangpanjang, mampu melaksanakan berbagai kegiatan, dalam catatan pasbana.com,sejak terbentuk FPL Kota Padangpanjang sudah melaksanakan tiga kali lapak baca dan kampanye literasi yang digelar di tiga lokasi berbeda.

“Kita sudah menyusun berbagai agenda kegiatan di FPL Kota Padangpanjang, sebelum di lantik, kita sudah menggelar berbagai kegiatan, seperti lapak baca dan kampanye litersi di tiga lokasi berbeda, agenda lainnya menyusul tapi sudah kita jadwalkan bersama pengurus dan anggota di FPL Kota Padangpanjang,“ jelas Subhan.

Selain itu, tujuh Taman Bacaan Masyarakat (TBM) binaan Dinas Pendidikan Kebudayaaan Pemuda dan Olahraga Kota Padangpanjang menerima donasi buku program Gerakan Indonesia Membaca masing-masing sejumlah nominal 5 juta rupiah, diserahkan Walikota Padangpanjang, Kadis Pendidikan, Kadis Perpustakaan, Pembina Forum Pegiat Literasi (FPL) Padangpanjang, Koordinator FPL, dan salah seorang guru senior

(Inyong Budi/Putra)


×
Kaba Nan Baru Update