Notification

×

Iklan

Iklan

UBH Gelar Peluncuran Dan Bedah Buku " Demang Loetan, Sang Politisi Volksrsraad Dari Lereng Marapi "

09 Agustus 2017 | 11.42 WIB Last Updated 2017-08-09T04:44:16Z
Peluncuran Dan Bedah Buku" Demang Loetan, Sang Politisi Volksrsraad Dari Lereng Marapi" di Kampus UBH , Rabu (9/8) Dengan pembicara; Prof. Dr. Mestika Zed, Dr. Shofwan Karim Elha MA, Dr.Elfiondri, SS.MHum ( foto : M.Subhan )


Padang – Universitas Bung Hatta (UBH) Padang, Sumatera Barat, bekerjasama dengan Yayasan Proklamator Bung Hatta akan menggelar bedah buku tentang Demang Loetan yang merupakan salah seorang tokoh sejarah di daerah Minangkabau.

Ketua Panitia Pelaksana, Iman Satria di Padang, Selasa, mengatakan bedah buku tersebut akan digelar pada Rabu (9/8) di Kampus I UBH Ulak Karang pada pukul 09.00 WIB dengan menghadirkan pembedah dari berbagai latar belakang.

“Demang Loetan adalah seorang tokoh asal Batu Palano, Agam yang banyak memberikan kontribusi terhadap kehidupan masyarakat Minang di masanya,” tambahnya.

Ia menyebutkan hal ini dilakukan sebagai salah satu wujud kepedulian pihak Universitasnya terhadap tokoh yang berkontribusi dalam sejarah dan tidak begitu banyak dibicarakan.

Pengkajian buku tentang Demang Loetan ini terdiri dari beberapa aspek, seperti kepamongan, sejarah, sosial dan agama serta peninggalan pengalaman dari pewarisnya.

“Demang Loetan merupakan salah seorang tokoh sejarah Minang yang tidak begitu diketahui oleh masyarakat,” lanjut dia.

Sementara itu Ketua Yayasan Proklamator Bung Hatta Prof Maizar Rahman mengatakan penulisan buku ini diawali dengan inisiatif dari Mursyid A Maran, Azizah Etek dan M Nazief yang kemudian menjadi penulis buku tersebut.

“Pada 2011 lalu ketiga orang tersebut menemui saya dan menyatakan niatnya untuk menulis tentang Demang Loetan,” sebutnya.

Ia mengatakan ketertarikan penulis tersebut lantaran Demang Loetan merupakan seorang pribumi yang memangku jabatan sebagai ‘demang’ dan semasa kiprahnya di dunia politik, ia memberikan banyak kontribusi terhadap masyarakat.

Demang Loetan terkenal dengan ilmu pengetahuannya yang luas, sekalipun ia tidak pernah mengeyam pendidikan formal, selain itu ia juga menguasai Bahasa Belanda yang pada masa tersebut tidak semua orang menguasainya.

“Keluasan pengetahuan ini kemudian mengantarkannya menjadi seorang politisi Volksraad atau Dewan Rakyat yang dibentuk oleh Belanda,” terangnya.

Buku ini nantinya akan dibedah oleh Budayawan dan Sastrawan nasional, Dr (Hc) Taufiq Ismail, Sejarawan Universitas Negeri Padang, Prof Mestika Zed dan Pimpinan Muhammadyah Sumbar, Dr Shafwan Karim Elha. (antara/bd)

×
Kaba Nan Baru Update