Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab Berikan Reaward Kepada 125 Siswa Berprestasi Untuk Studi Banding Internasional

31 Oktober 2017 | 22.43 WIB Last Updated 2017-10-31T15:43:27Z


Batusangkar-- Bupati Tanah Datar diwakili Sekretaris Daerah Hardiman melepas keberangkatan peserta studi banding internasional siswa berprestasi Tahun 2017 beserta pendamping dan pembimbing ke Malaysia dan Singapura, Selasa (31/10/2017) di aula kantor Bupati di Pagaruyung.

Kadis Dikbud Abrar dalam laporannya memaparkan, kegiatan studi banding ini sudah dua belas kali dengan tahun ini dilaksanakan di Kabupaten Tanah Datar. “Kegiatan ini semenjak tahun 2006, yang merupakan reward atau penghargaan khusus bagi siswa yang berprestasi baik akademik maupun non akademik. Tahun ini rombongan terdiri siswa berprestasi SD/MI sebanyak 15 orang, SMP/MTsN 34 orang, SMA/MA/SMK 29 orang, non akademik 16 orang, guru berprestasi 10 orang, pengawas 2 orang, Kepala sekolah 7 orang dan pendamping lainnya 12 orang, total 125 orang” sampainya.

Di kesempatan itu Abrar menyampaikan ungkapan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung pelaksanaan kegiatan ini. “Kegiatan ini berkat dukungan penuh dari Bapak Bupati dan Wakil Bupati, Forkopimda, Ketua DPRD dan pihak lainnya. Tentu saja kegiatan yang dijadwalkan dari tanggal 1 sampai 5 November ini dapat berjalan baik dan menjadi motivasi bagi siswa lainnya untuk meningkatkan prestasi” harapnya.

Disamping itu kata Abrar, siswa maupun pembimbing dapat melihat keunggulan sistem penyelenggaraan pendidikan di negara tetangga. “Rombongan bisa melihat sistem penyelenggaraan pendidikan di Malaysia dan Singapura sudah lebih baik dari kita, sehingga ketika kita berkunjung dan melihat langsung, diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi peningkatan pendidikan di Tanah Datar” katanya.

Di kesempatan selanjutnya, Bupati dalam sambutannya yang disampaikan Sekda Hardiman menyampaikan, kegiatan ini merupakan implementasi dari Undang-Undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. “salah satu usaha untuk memotivasi dan penghargaan kepada siswa, pemerintah daerah telah menganggarkan dan mengagendakan setiap tahun kegiatan serupa, dan ini merupakan komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan” sampainya.



Ditambah Sekda Hardiman, Pemerintah Tanah Datar dari tahun 2006 telah memberi reward berupa studi banding ini sebanyak 1.253 orang. “Tahun ini kita memberangkatkan 125 siswa dan pendamping pilihan hasil dari penilaian yang objektif, transparan, efektif dan efesien dan mempertimbangkan usulan dari dinas dan instansi terkait” katanya.

Sesuai dengan disampaikan Kadis Dikbud, Sekda Hardiman juga berharap agar siswa dan rombongan mengikuti kegiatan sebaik-baiknya. “Kepada siswa maupun pendamping, diharapkan untuk mengikuti pedoman dan aturan yang telah ditetapkan panitia, sehingga kegiatan bisa berjalan sukses, karena di negeri orang terbukti bahwa merela disiplin, tertib, taat aturan, sehingga pelanggaran dan keteledoran akan berdampak tidak baik kepada kita, maka saya pesankan untuk hati-hati dalam bertindak” pesan Hardiman.

Diakhir sambutannya Sekda Hardiman menyampaikan ungkapan selamat kepada rombongan yang akan berangkat. “Atas nama pemerintah Tanah Datar, Saya sampaikan terima kasih kepada Bank Nagari Batusangkar yang telah memberi bantuan jaket kepada rombongan dan kepada peserta kami doakan lancar dan selamat dalam perjalan pergi dan pulang kembali ke Tanah Datar, dan tentu saja membawa pengalaman yang bisa menjadi aspirasi bagi pembangunan daerah kita” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara itu Dirut Bank Nagari Batusangkar, Kepala Kemenag Tanah Datar, Penjabat jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, pembimbing dan orang tua siswa berpestasi. (Hp/dvd)
×
Kaba Nan Baru Update