Notification

×

Iklan

Iklan

Ratusan Pelajar Ikuti Seleksi Gerakan 2000 Hafizh Sumbar

14 Maret 2018 | 10.28 WIB Last Updated 2018-03-14T03:28:36Z


Payakumbuh - Ratusan pelajar dan generasi muda Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota berbondong-bondong mengikuti seleksi Gerakan 2000 Hafizh Sumatera Barat. Seleksi dilaksanakan di Masjid Istiqomah kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat, Selasa (13/3) kemarin.

Kegiatan seleksi dibuka Walikota Payakumbuh diwakili Kepala Bagian Kesra Setda Kota Payakumbuh Ul Fakhri. Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota menjadi tempat kedua pelaksanaan seleksi Gerakan 2000 Hafizh Sumbar setelah sebelumnya diadakan di Kota Padang Panjang.

Kegiatan seleksi Gerakan 2000 Hafizh Sumbar ini akan dilaksanakan di 19 daerah kabupaten/kota yang ada di Sumbar sesuai dengan surat Gubernur Sumbar Nomor 451/168/BMK-2018 tanggal 28 Februari 2018 perihal Partisipasi dan dukungan Program Duta Qur’an Indonesia dan Islamic Tourism Education and Culture.

“Subhanallah, sungguh luar biasa semangat anak-anak dan para pelajar kita untuk menjadi seorang hafizh qur’an, kami tidak menyangka akan seramai ini, mudah mudahan ini pertanda bangkitnya generasi muda Islam Kota Payakumbuh sekaligus menepis anggapan bahwa anak muda Payakumbuh banyak yang pecandu Narkoba, LGBT dan isu-isu miring lainnya,” ujar Kabag Kesra Ul Fakhri dalam sambutan pembukaan acara.

Dikatakan, Pemerintah Kota Payakumbuh sangat menyambut baik pelaksanaan Gerakan 2000 Hafizh Sumbar tersebut. Menurutnya, tujuan Gerakan 2000 Hafizh Sumbar untuk memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui Al Qur’an dan Generasi Berbasis Qur’an sangat sejalan dengan Visi dan Misi Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Wakil Walikota Erwin Yunaz.

“Kegiatan ini sangat terkait dengan Visi dan Misi Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh, dimana mereka ingin mewujudkan masyarakat Payakumbuh yang berakhlak mulia dan berbudaya, berdasarkan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK),” terang Ul Fakhri.

Puncak kegiatan nantinya akan dihadiri para duta besar dari negara-negara Islam di Timur Tengah seperti Saudi Arabia, Jordania, Kuwait dan Sudan. “Mudah-mudahan kegiatan ini mampu melahirkan hafizh-hafizh terbaik di Kota Payakumbuh yang akan menjadi duta peradaban Islam dan membawa nama baik Kota Payakumbuh ditingkat yang lebih tinggi,” pungkas Ul Fakhri.

Dari catatan panitia pelaksana, sekitar 400 pelajar mengikuti seleksi Gerakan 2000 Hafizh Sumbar di Kota Payakumbuh. Puncak kegiatan sendiri akan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 27 April 2018 di Kampus Universitas Baiturrahmah, Kota Padang. Tim seleksi berasal dari para Hafizh Qur’an tamatan universitas ternama di timur tengah. (BD)
×
Kaba Nan Baru Update