Notification

×

Iklan

Iklan

Debat Publik Pertama, Empat Paslon Walikota dan Wakil Walikota Berjalan Aman dan Lancar

28 April 2018 | 17.54 WIB Last Updated 2018-04-28T11:07:47Z


Padangpanjang – Empat Pasang Calon Walikota dan Wakil Walikota Padangpanjang periode 2018 – 2023 ikuti Debat Publik pertama, yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangpanjang, di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, Jumat malam, (27/4). 

Ketua KPU Kota Padangpanjang Jafri Edi Putra saat dikonfirmasi Pasbana.com mengatakan, para pasangan calon saat mengikuti debat dapat memaparkan visi misi dan meyakinkan pemilih melalui visi misi yang nanti akan diaktualisasikan dalam program kerja.

“Debat itu bukan persoalan adu argumen bagi siapa yang pintar ngomong, ini adalah adu program kerja untuk Padangpanjang 5 tahun kedepan, dan kita berharap masyarakat Kota Padangpanjang  dapat memonitor debat ini,” papar Jafri.

Debat Publik pertama ini dengan Tim Pakar yakni Dr. Eka Vidya Putra, M.Si, Khairul Fahmi, SH. MH, Dr. Sari Lenggogeni, SE. MM. Pg.Dipl, Afridian Wirahadi Ahmad, SE. M.Sc. Ak. CK. BKP, dan Dr. H. Syukri Iska, M.Ag. Sementara untuk moderator yakni Dr. Eka Vidya Putra, M.Si.

Ketua KPU Kota Padang Panjang, Jafri Edi Putra, saat diwawancara awak media

Dengan mengangkat tema "Potensi Daerah, Pembangunan dan Kesejahteraan" debat kali ini dibagi dalam  empat sesi, dengan sesi pertama penyampaian visi misi, sesi kedua pertanyaan sesuai dengan visi misi, sesi ketiga pertanyaan terkait tema, dan sesi keempat debat antar pasangan calon.

Pada saat debat, pasangan calon nomor urut 1 yakni Mawardi dan Taufiq Idris menyampaikan, bahwa Kota padangpanjang saat ini butuh perubahan, keadilan, dan pemerataan pembangunan. Masyarakat juga membutuhkan hidup sehat, ekonomi yang kuat dan pendidikan yang bermatabat serta rasa nyaman bagi seluruh rakyat.

“Perjuangan kami tidak hanya membangun fisik namun juga membangun moral, agama, dan budaya. Dan sesuai dengan tema, kami akan mengembangkan potensi daerah yang ada, yang masih belum tergali dan belum terkelola selama ini, membangun insfrastruktur yang tepat guna sesuai kebutuhan masyarakat. Dan kami akan mewujudkan kesejahteraan dengan membangun lapangan kerja,” paparnya.

Sementara itu, untuk pasangan nomor urut 2, Hendri Arnis dan Eko Furqani menyampaikan, bahwa akan mewujudkan Kota Padangpanjang yang elok, nyaman, dan dibanggakan masyarakat.

“Misi kita akan melanjutkan pembangunan yang masih terbengkalai, seperti Islamic Center, pembangunan pasar pusat tahap dua, meningkatkan pendidikan, kesehatan secara gratis, menciptakan lapangan pekerjaan, dan menumbuhkan masyarakat yang lebih religius agar Kota Serambi Mekkah kembali harum sebagai kota yang religi dan berbudaya,” paparnya.



Dan untuk pasangan nomor urut 3, Rafdi Merri Syarif dan Ahmad Fadli menyampaikan, akan mengembangkan 3 potensi daerah Kota Padangpanjang yang tidak dimiliki oleh daerah manapun.

“Tiga potensi tersebut diantaranya, Kota Padangpanjang memilik sejarah panjang terhadap pendidikan, dengan ditandai dengan berdirinya Perguruan Thawalib, Dinniyyah Putri dan lainnya serta melahirkan tokoh-tokoh besar. Dengan letak Kota Padangpanjang dipersimpangan jalan sebagai titik sentral perekonomian, begitu juga gelanggang pacuan kuda Bancah Laweh sebagai symbol adat dan budaya,” paparnya.

Sementara itu untuk pasangan nomor urut 4, Fadly Amran dan Asrul menyampaikan, dengan visi untuk kejayaan Padangpanjang yang bermarwah dan bermartabat, dari sini mereka menyusun visi 4 pilar pembangunan Padangpanjang.

“Bagaimana membangun karakter Padangpanjang yang berakhlak mulia, dan membangun tata kelola pemerintahan yang amanah dan menjadi panutan bagi masyarakat, serta bagaimana kebijakan ini bisa dirasakan sepenuhnya manfaatnya oleh masyarakat. Dan yang terakhir bagaimana pembangunan yang berkeselarasan dan berkeadilan sosial. Namun sejatinya, kepentingan masyarakatlah yang paling penting dalam pembangunan kejayaan Padangpanjang ini,” pungkasnya.

Dari pantauan pasbana.com di lokasi debat, suasana debat terlihat aman dan tertib, bahkan dari masing-masing pendukung pasangan calon saling memberikan semangat dengan meneriaki dengan yel-yel yang meriah.
Acara debat tersebut juga di tayangkan di semua kelurahan dan videotron serta beberapa radio di kota berhawa sejuk itu. (Del/Put) 
×
Kaba Nan Baru Update