Notification

×

Iklan

Iklan

Anggota Komisi IX DPR RI Gelar Sosialisasi GERMAS

27 Mei 2018 | 15.25 WIB Last Updated 2018-05-27T08:25:26Z


Padangpanjang – Anggota Komisi IX DPR RI dr. H. Suir Syam, M.Kes MMR, menggelar Workshop komunikasi, informasi dan edukasi, keamanan dan mutu produk alat kesehatan (Alkes) dan perbekalan kesehatan rumah tangga (PKRT), untuk mensosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Kota Padangpanjang, Sabtu (26/5).

Sosialisasi yang digelar di Gedung M.Syafei Kota Padangpanjang diikuti ratusan masyarakat dari bebagai kalangan, dan menghadirkan Direktur Penilaian Alkes dan PKRT Kementerian Kesehatan RI, drg. Arianti Anaya, MKM dan narasumber dari provinsi.

dr. H. Suir Syam, M.Kes MMR yang juga mantan Walikota Padangpanjang menyampaikan, dengan kegiatan ini diharapkan Kota Padangpanjang benar-benar menjadi Kota sehat, dan masyarakat yang hadir mengikuti sosialisasi dapat memberdayakan hidup sehat.

“Menjadi Kota Sehat dengan artian masyarakat, lingkungan, pergaulan, hidup, dan makanannya sehat. Dan masyarakat dapat menerapkan GERMAS ini dikehidupan sehari-seharinya, serta dapat menyebarluaskan informasi mengenai GERMAS,” papar Suir Syam.



Suir Syam menyampaikan, pada tahun 2008 lalu, warga Kota Padangpanjang semuanya sudah diasuransikan untuk kesehatannya, namun beberapa tahun terakhir asuransi kesehatan untuk masyarakat Kota Padangpanjang dihapuskan, dan baru akhir-akhir ini dikembalikan.

“Beberapa tahun terakhir saya tidak mengetahui apa alasannya sehingga asuransi kesehatan tersebut dihilangkan, dan baru akhir-akhir ini dikembalikan lagi. Saya sebagai Anggota DPR RI bidang kesehatan, berharap untuk kedepannya kepala daerah yang terpilih, dalam visi misinya dapat membawa kesehatan, ekonomi dan pendidikan, karena kesehatan dan pendidikan tinggi biayanya sangat besar, dan ini harus diambil alih oleh pemerintahan, apabila ingin masyarakatnya sehat dan sejahtera,” papar Suir Syam. 

Sementara itu, Direktur Penilaian Alkes dan PKRT Kementerian Kesehatan RI, drg. Arianti Anaya, MKM menyampaikan, dengan sosialisasi ini ia ingin memberdayakan masyarakat khususnya Kota Padangpanjang cerdas memilih obat, kosmetik, alat kesehatan, dan perbekalan kesehatan rumah tangga.

“Semua produk yakni obat, kosmetik, alat kesehatan, dan perbekalan kesehatan rumah tangga untuk membuat masyarakat sehat. Tetapi kalau menggunakan dan memilihnya tidak benar akan membahayakan diri, oleh karena itu kita memberikan pengetahuan kepada masyarakat untuk bisa mengedukasi lingkungannya agar hidup sehat,” jelasnya.

Lebih lanjut, Pjs Walikota Padangpanjang Irwan S.Sos MM diwakili Kepala Dinas Kesehatan Drs. H. Nuryanuwar, Apt.MM.MKes meyampaikan, bahwa GERMAS merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan keinginan bagi setiap orang untuk hidup sehat dan seimbang serta meningkatkan derajat kesehatan.

“Meningkatnya kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat, dengan melakukan aktifitas fisik secara teratur dan terukur. Konsumsilah sayur dan buah setiap hari, tidak lagi merokok, dan minum alcohol,” papar Nuryanuwar.

Disamping itu, Nuryanuwar menambahkan, juga diiringi dengan melakukan deteksi dini penyakit secara berkala yang dikenal dengan istilah aksi CERDIK, yakni Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rutin olahraga, Istirahat yang cukup dan Kelola stress dengan benar. (Del)
×
Kaba Nan Baru Update