Notification

×

Iklan

Iklan

Bangun Kesehatan, Padangpanjang Canangkan Germas

09 Agustus 2018 | 18.08 WIB Last Updated 2018-08-09T11:08:27Z

Padangpanjang – Agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, serta membangun kesehatan sekaligus membudayakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang melalui Dinas Kesehatan mencanangkan Germas, di Gelanggang Olah Raga (GOR) Khatib Sulaiman, Bancahlaweh, Kamis (9/8).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padangpanjang, Drs. H. Nuryanuwar Apt. MM M.Kes menyampaikan, saat ini Indonesia tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi epidemiologi, yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular, seperti stroke, jantung, dan lainnya.

“Maka dari itu, kita ingin selalu meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan masyarakat Padangpanjang untuk berprilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup,” papar Nuryanuwar.

Nuryanuwar juga menambahkan, untuk terwujudnya Germas, pihaknya mengajak agar masyarakat membiasakan pola hidup sehat dengan melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit setiap hari, serta mengkonsumsi buah dan sayur minimal 5 porsi setiap hari.

“Selain itu, masyarakat harus membiasakan juga periksa kesehatan secara rutin minimal sekali 6 bulan, tidak mengkonsumsi alkohol, tidak merokok, gunakan jamban sehat, dan membersihkan lingkungan secara rutin,” jelas Nuryanuwar. 



Senada dengan itu, Wakil Walikota Padangpanjang dr. H. Mawardi, MKM berharap pada pencanangan Germas ini, seluruh OPD temasuk camat dan lurah serta organisasi yang ada dapat menindaklanjuti kegiatan ini.

“Kita berharap germas yang kita canangkan ini ditindak lanjuti oleh semua OPD di Kota Padangpanjang ini, termasuk camat dan lurah, serta organisasi yang ada dikecamatan dan kelurahan,” ucapnya.

Mawardi menambahkan, suksesnya germas di Kota Padangpanjang, juga tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor pemerintah di bidang kesehatan saja, namun harus melibatkan peran aktif semua pihak. “Suksesnya germas mulai dari individu, keluarga, dan masyarakat dengan mempraktekkan pola hidup sehat,” pungkasnya. (Del)
×
Kaba Nan Baru Update