Notification

×

Iklan

Iklan

BPBD Kesbangpol Gelar Sosialisasi Manajemen Logistik dan Peralatan Bencana

20 Agustus 2018 | 21.33 WIB Last Updated 2018-08-20T14:33:20Z

Padangpanjang – Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar sosialisasi manajemen logistik dan peralatan bencana bagi Satgas PB Kelurahan se-Kota Padangpanjang, tahun 2018 di Aula Wisma Pangeran, Senin (20/8).

“Sosialisasi ini guna memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang peralatan bencana, sekaligus meningkatkan kapasitas satgas,” sebut Sekretaris BPBD Kesbangpol Kota Padangpanjang Sarbaini, SE.

Sarbaini mengatakan, bahwa Kota Padangpanjang merupakan Kota rawan bencana baik dari alam maupun perbuatan manusia. “Dengan sosialisasi ini kita berharap adanya disetiap kelompok, orang - orang yang mampu menanggulangi bencana,” ucap Sarbaini.

Lebih lanjut Sarbaini menyampaikan, bahwa sosialisasi ini juga diharapkan dapat membekali para pelaku penanggulangan bencana, yang siap siaga jika nanti ada daerah yang terkena bencana.



Sementara itu, Wakil Walikota Padangpanjang dr. H. Mawardi, MKM juga menyampaikan, Satgas Kelurahan harus mampu memberikan rasa aman, nyaman dan tenang bagi masyarakat manakala suatu saat nanti bencana benar-benar terjadi.

“Kita tidak menginginkan bencana itu terjadi, namum setidaknya kita punya skill, keahlian, strategi dan manajemen penanggulangan bencana, serta penyaluran logistic yang siap sedia bila diperlukan,” sebut Mawardi.

Mawardi menambahkan, disamping Satgas PB memiliki peran strategis, maka logistik dan peralatan bencana mempunyai peranan penting dalam upaya penanggulangan bencana, terutama pada saat pra bencana.

“Ada tujuh tepat penyaluran logistik, yakni tepat jenis bantuan barang, tepat kuantitas, tepat kualitas, tepat sasaran, tepat waktu, tepat pelaporan dan tepat biaya. Maka pengelolaan logistic yang efektif, efesien dan andal menjadi factor penting dalam proses sebuah upaya penanggulangan bencana yang dilakukan,” pungkas Mawardi. (Del)
×
Kaba Nan Baru Update