Notification

×

Iklan

Iklan

Dr. H. Jon Enardi, SH. MH dilewakan gelar Dt. Gadang Bandaro Kayo Oleh Kaum Suku Jambak

16 September 2018 | 23.57 WIB Last Updated 2018-11-17T06:54:22Z


Tanah Datar – Mambangkik batang tarandam, Dr. H. Jon Enardi, SH. MH dilewakan gelar penghulu oleh kaum Suku Jambak, Guguak Malalo, Batipuah Selatan, Tanah Datar dengan gelar Dt. Gadang Bandaro Kayo, Sabtu (15/9) di Rumah Gadang Sabaleh Suku.

Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Tanah Datar H. Hafzi Dt. Batuah yang turut hadir pada prosesi malewakan gelar menyampaikan, agar Dt. yang baru diangkat dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Karena Dt. Gadang Bandaro Kayo belum berdomisili disini, kami harap dapat sering pulang kampung, atau sudah berdomisili dikampung ini, agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya untuk mengayomi anak kemenakan seluruhnya,” ucap H. Hafzi Dt. Batuah.

Selain kepada Dr. H. Jon Enardi, SH. MH Dt. Gadang Bandaro Kayo, H. Hafzi Dt. Batuah juga berpesan kepada niniak mamak keseluruhannya, untuk dapat menjaga adat masing-masing di Minangkabau ini.

“Harapan saya kepada niniak mamak keseluruhannya agar dapat menjaga adat kita, karena niniak mamak berkewajiban menjaga adat sebaik-baiknya, serta jangan sampai lupa membina anak kemenakan,” harapnya.

Menanggapi hal tersebut, Dr. H. Jon Enardi, SH. MH yang baru dilewakan gelar Dt. Gadang Bandaro Kayo mengatakan akan berusaha memperbanyak waktu berada dikampung halaman, kecuali memang ada keperluan yang sangat penting dan harus meninggalkan kampung.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua karena telah mempercayai saya memegang amanah ini, Insha Allah saya akan berusaha memperbanyak waktu berada dikampung untuk menjaga anak kemenakan. Saya karena baru, mungkin masih banyak kekurangan dan masih banyak yang belum paham, saya mohon untuk dapat mengingatkan apabila saya salah,” sebutnya.

Sementara itu, salah satu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Datar, Herman Sugiarto, SH, yang juga asli putra daerah Guguak Malalo berharap, Dt. Gadang Bandaro Kayo untuk dapat merangkul generasi muda dalam membangun nagari.

“Dengan diangkatnya Dr. H. Jon Enardi, SH. MH sebagai Dt. oleh kaum Suku jambak, sangat tertumpang harapan kami dari DPRD untuk dapat merangkul generasi muda dalam membangun nagari, kami yakin Dt. Gadang Bandaro Kayo dapat merangkul generasi muda saat ini untuk kembali kenagari,” pungkas Herman. (Del/put)
×
Kaba Nan Baru Update