Notification

×

Iklan

Iklan

Mesin Long Tail Bakal Tingkatkan Pendapatan Nelayan

06 September 2018 | 14.37 WIB Last Updated 2018-09-06T07:37:25Z


Mentawai - Evaluasi bantuan sebanyak 19 mesin Long Tail / Pompong dari Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017, menjadi pusat perhatian acara Bimbingan Teknis Penangkapan Ikan kelompok nelayan ibu ibu Dusun Puro Desa Muara Siberut, Kecamatan Siberut Selatan, Kepulauan Mentawai, Rabu (5/9).

Emri Nurdin, Narasumber dari Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumbar, yang didampingi staf dan penyuluh, mengatakan, terbukti membantu meningkatkan pendapatan para kelompok nelayan khususnya ibu ibu di Pulau Siberut ini.

Dalam ruang serba guna Desa Muara Siberut, Emri menambahkan, Sebelumnya kelompok nelayan ibu ibu ini hanya menggunakan dayung manual untuk mencari ikan di laut.

”Biasanya hasil tangkapan ikan kelompok nelayan ibu ibu Dusun Puro ini sekitar 5 sampai 10 ikat ikan saja, tapi sekarang sudah melebihi dari sebelumnya. Selain itu jarak tempuh mereka melaut lebih jauh dan lebih cepat untuk berangkat dan pulang," ujarnya.

Senada dalam acara tersebut, Saparman Sekretaris Desa Muara Siberut yang mewakili Kepala Desa Muara Siberut mengatakan, selain meningkatkan pendapatan nelayan kaum hawa, bimbingan teknis ini juga menambah ilmu atau pemahaman bagi ibu ibu kelompok nelayan dalam mencari ikan di laut.

Harapan dalam bimbingan teknis terhadap ibu ibu nelayan ini ada kelanjutan yang signifikan terhadap hasil tangkapannya termasuk juga pendistribusian hasil tangkapan ke luar Pulau Mentawai. "Biasanya hanya bisa menjual di seputar Pulau Siberut, namun dengan adanya bimtek ini bisa menjual hingga sampai ke Padang," tutup Saparman. (Rizky)
×
Kaba Nan Baru Update