Notification

×

Iklan

Iklan

Dibangun Pamsimas, Dusun Rokot Sipora Selatan Sudah Menikmati Air Bersih

03 Oktober 2018 | 02.02 WIB Last Updated 2018-10-02T19:02:03Z

Kepulauan Mentawai - Dusun Rokot desa Matobe adalah sebuah dusun yang terletak di Pulau Sipora kecamatan Sipora Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, yang merupakan salah satu dari 37 Dusun di kabupaten Kepulauan Mentawai mendapatkan Program Pamsimas yang telah dimulai dari Tahun 2014 sampai Tahun 2017, sementara ada 16 Dusun lagi yang sedang dibangun Pamsimas di Tahun 2018 sedang berjalan. Selasa (2/10).

Dusun Rokot dibangun Pamsimas tahun 2015 hanya sampai Kran Umum, dan mendapatkan Program Hibah Air Minum Perdesaan atau HAMP Tahun Anggran 2018, semua rumah masyarakat telah dipasang SR Meteran .

Air bersih dari PAMSIMAS tersebut telah menjangkau seluruh rumah warga Rokot yang berjumlah 106 unit rumah yang ditempati 113 kepala keluarga dan 411 Jiwa.

"Kini kami tidak susah lagi mendapatkan air bersih karena tiap rumah dibangun SR Meteran," kata Salah satu warga Masyarakat Ibu Rumah Tangga bernama Asmarina 27 tahun disaat komunikasi dengan Distric Coordinator Pamsimas Kepulauan Mentawai Didit Rinaldi, ST didepan rumahnya.

Selain buat air minum, air tersebut dimanfaatkan Asmarina dan keluarga untuk mandi, juga untuk mencuci pakaian, membersihkan peralatan rumah tangga.

Sebelum sarana air bersih tersebut dibangun, kata Asmarina, biasanya warga mengandalkan air minum dari tampungan air hujan, sebagian lagi mengambil air di kali terdekat yang kondisi air nya belum terjamin.

Hal yang sama juga dikatakan Pak Saiful Bendahara KP-SPAMS Rokot (42), menurut dia saluran air minum yang dibangun melalui program  PAMSIMAS telah menjangkau rumah mereka. "Tinggal pasang selang beberapa meter, air langsung masuk di rumah, jika ada bak maka ditampung di bak," ujarnya.

Hanya saja yang menjadi kendala dari sarana yang dihasilkan dari sarana spams yang dihasil tersebut, menurut Ketua KPSPAMS Eltinus, sumber air yang berasal dari bukit tidak terlalu besar, akan tetapi cukup untuk semua rumah.

Namun yang menjadi kunci di Kelembagaan KPSPAMS ini menurut Ketua KPSPAMS Eltinus adalah Kesadaran masyarakat untuk mau menjaga Sarana Air Bersih yang telah kita bangun bersama dan  menjalan kan kesepakatan Iuran yang telah kita rembug kan bersama masyarakat saat diskusi Sore bersama Co. Distric Coordinator Yoserizal, SE dan Tim Fasilitator Masyarakat Eka Moriza, SE, Fikhi Endehas Spd, Fery Ramona, ST dikantor KPSPAMS Rokot.

Kepala Dusun ROKOT menyebutkan Semua rumah di ROKOT dipasangi pipa untuk SR Pakai Meteran dengan Program HAMP Tahun Anggaran 2018 ini, hingga di depan rumah atau samping rumah, dan Kepala Dusun juga akan mendiskusi kan dengan  Kepala Desa bersama BPD Desa Matobe untuk mendorong supaya semua aturan KPSPAMS yang telah di sepakati dengan masyarkat bisa di Perdes kan,   ;Yoserizal, SE Co-Distric Coordinator Pamsimas Kepulauan Mentawai. (Del/Nal)
×
Kaba Nan Baru Update