Notification

×

Iklan

Iklan

PKK Kota Padangpanjang Gelar Sosialisasi IVA Test, Deteksi Dini Kanker Serviks

13 Januari 2019 | 16.48 WIB Last Updated 2019-01-13T09:48:16Z


Padangpanjang – Untuk mendeteksi secara dini wanita yang terjangkit penyakit kanker serviks, Dinas Sosial Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) Kota Padangpanjang melalui TP PKK setempat gelar Sosialisasi IVA Test, di Aula Kecamatan Padangpanjang Timur, Minggu (13/1).

Ketua TP PKK Kota Padangpanjang dr. Dian Puspita Fadly Amran mengatakan kanker serviks menjadi salah satu penyebab kematian yang banyak terjadi saat ini. “Ketika seseorang terjangkit kanker ini, sebagian besar berujung pada kematian. Namun, penyakit ini dapat dicegah dan diobati,” jelas Dian.

Menurut Dian, IVA test merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker serviks (leher rahim) secara dini dan mengurangi morbiditas atau mortalitas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan dan mengetahui kelainan yang terjadi pada leher rahim. 

"Kami berharap peserta dapat memahami apa itu kanker serviks atau kanker leher rahim dan mau untuk memeriksakan dirinya, sehingga bisa diantisipasi bila ditemukan adanya gejala," papar Dian.

Sementara itu, Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) dan Kesmas dr. Faizah menambahkan, gejala kanker serviks tidak sakit atau nampak pada gejala awal, tapi pada tahap lanjut mengalami keputihan yang berbau, pendarahan dari liang senggama, pendarahan setelah senggama, nyeri panggul, dan pendarahan pasca menopause.

"Kanker serviks ini bisa disebabkan karena hubungan seksual pada usia muda, berganti-ganti pasangan seksual, kurang menjaga kebersihan daerah kelamin, sering menderita infeksi daerah kelamin, anak lebih dari tiga, kebiasaan merokok dan infeksi virus herpes dan human papilloma virus tipe tertentu," tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kota Padangpanjang turut didampingi Wakil Ketua TP PKK Nova Era Yanthy Asrul dan peserta dari PKK kelurahan dan kecamatan se- Kecamatan Padangpanjang Timur. (Del)
×
Kaba Nan Baru Update