Notification

×

Iklan

Iklan

Kenagarian Gunuang Malewakan Gala 14 Panghulu

24 Maret 2019 | 21.07 WIB Last Updated 2019-03-24T14:07:18Z

Padang Panjang - Kerapatan Adat Nagari (KAN) Gunuang menyelenggarakan Batagak Panghulu (Pati Ambalau) di Kelurahan Sigando, Minggu (24/3).

Prosesi Batagak Panghulu ini dilaksanakan selama dua hari . Semarak Batagak Panghulu dihari pertama dilangsungkan prosesi "Mambantai Kabau", dan  dihari berikutnya dilakukan "malewakan gala" untuk 14 panghulu dari Suku Jambak, Pisang, Koto dan Sikumbang.

Wakil Gubernur Sumatera Barat,
Nasrul Abit  yang turut hadir dalam prosesi adat Kanagarian Gunuang ini menyampaikan kekaguman dan apresiasi atas semangat kebersamaan dan kekompakan yang tumbuh di masyarakat Nagari Gunuang.

Nasrul Abit juga mengatakan salut dan bangga akan kekompakkan niniak mamak yang ada di Padang Panjang. "Alhamdulillah ini menjadi pertanda bahwa Padang Panjang kedepannya akan lebih baik," ujarnya.

Peranan niniak mamak dalam adat sangatlah penting, sebab sama diketahui bahwa saat ini banyak pergaulan yang memberikan dampak buruk terhadap anak kemenakan, diantaranya narkoba, LGBT, miras dan lainnya.

"Tugas niniak mamak adalah memberikan arahan dan bimbingan yang baik terhadap anak kemenakan, komunikasi itu paling penting," jelasnya.


Dalam kesempatan yang sama, Walikota Padang Panjang Fadly Amran yang hadir sejak prosesi dihari pertama acara Batagak Panghulu digelar, beliau menyampaikan pesan akan tanggungjawab  berat yang akan dipikul sebagai niniak mamak.

"Dengan begitu, kami mengharapkan semoga peranan ABS-SBK dapat diterapkan dan diamalkan dengan baik di tengah masyarakat ," harap  Fadly.

Sejalan dengan itu, Ketua KAN Nagari Gunung ,  Yurnalisman Syam mengucapkan selamat kepada panghulu yang telah dilewakan gala. "Kami berharap acara ini dapat menguatkan marwah panghulu berdasarkan ABS-SBK," tambahnya.

Turut hadir dalam puncak acara Batagak Panghulu di Kanagarian Gunuang ini,  Anggota DPR RI Komisi IX dr. H. Suir Syam, M.Kes, MMR,  Walikota dan Wakil Walikota Padang Panjang Fadly Amran, BBA dan Drs. Asrul, Ketua DPRD Dr. Novi Hendri, SE, M.Si, unsur Forkopimda, Pejabat Sekda Martoni, S.Sos, M.Si serta niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai dan mandeh kanduang.(pb-01)
×
Kaba Nan Baru Update