Notification

×

Iklan

Iklan

Lewat Aplikasi, Walikota Riza Laporkan SPT Tahunan

20 Maret 2019 | 05.52 WIB Last Updated 2019-03-19T22:52:59Z


Payakumbuh - Memenuhi kewajiban pajak sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), Walikota Payakumbuh Riza Falepi laporkan SPT Tahunan, Selasa (19/3). Pelaporan ini dilakukannya saat kunjungan Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Payakumbuh Suprapto ke Balaikota Payakumbuh.

Suprapto, mengatakan, pelaporan SPT Tahunan ini merupakan kewajiban setiap WNI yang telah memiliki Kartu NPWP Pribadi dan pajak penghasilan yang dilaporkan selambat-lambatnya per 31 Maret 2019 ini. Ia menjelaskan bahwa penjelasan Pasal 3 ayat 1 Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (UU KUP) menyebut fungsi SPT bagi Wajib Pajak (WP).

"Pasal ini menjelaskan fungsi SPT bagi adalah sebagai sarana untuk melaporkan dan mempertanggungjawabkan penghitungan jumlah pajak yang sebenarnya terutang. Alhamdulillah tadi Pak Riza telah melaporkan SPT tahunan PPH orang pribadi tahun 2018 dengan menggunakan E-Filling dan di dampingi oleh M.Fadhli, Account Representative KPP Pratama Payakumbuh," kata Suprapto didampingi Wilson Rasyid sebagai Kepala Seksi Penagihan dan Juru Sita Nur Elsya Eka Parlina.

Dijelaskan, untuk mempermudah pelayanan pelaporan SPT Tahunan, aplikasi E-filling dapat diunduh dan digunakan untuk melakukan sendiri pelaporan SPT Tahunan secara digital melalui telepon genggam atau laptop. Menurutnya aplikasi tersebut dapat mempermudah pelayanan SPT Tahunan bagi masyarakat agar melaporkan pajak penghasilan orang pribadi dengan mudah.

Sementara itu, Walikota Payakumbuh Riza Falepi juga mengucapkan terimakasih kepada Kepala KPP Pratama Payakumbuh dan jajaran yang telah berkunjung dan mendampingi pelaporan SPT Tahunannya. Sehingga dengan pendampingan Tim Perpajakan KPP Pratama dan menggunakan aplikasi E-Filling ini dapat mempermudah pelaporan yang dilakukan  setiap tahun tersebut.

"Aplikasi ini sangat mempermudah sekali dalam melaporkan SPT Tahunan ini sebagai salah satu kewajiban pajak bagi warga negara Indonesia," kata Riza sambil memperlihatkan bukti telah berhasilnya dalam melakukan pelaporan SPT Tahunan. (BD)
×
Kaba Nan Baru Update