Notification

×

Iklan

Iklan

Wabup Solok H.Yulfadri Nurdin, SH Kunjungi Wisata Pulutan Nagari Taruang Taruang

12 Maret 2019 | 12.09 WIB Last Updated 2019-03-12T05:09:59Z

Sungai Lasi ---- Taruang taruang adalah suatu nagari yang berada di wilayah Kecamatan IX Koto-  Sungai Lasi Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat, yang yang terletak diantara Nagari Siaro- aro, Nagari Bukit bais, Nagari Pianggu dan Nagari Sungai Durian, melihat dari potensi Nagari yang sangat menjanjikan baik dari Sektor pertanian, perkebunan dan pariwisata.
Wabup Yulfadri Nurdin kunjungi wisata pulutan Nagari taruang taruang dalam bentuk temu ramah bersama masyarakat nagari taruang taruang Kec.IX Koto- Sungai lasi kab.Solok, Senin (11/3).

Wabup memberikan apresiasi terhadap program Wali Nagari yang ingin menjadikan Pulutan sebagai objek wisata.
Menurut Yulfadri Nurdin Pariwisata merupakan program unggulan Kabupaten Solok yang masuk ke dalam Pilar Ekonomi Kerakyatan, ada beberapa aspek yang mempengaruhi sebuah wisata,Akses Jalan, Infrastruktur  dan yang paling penting pelayanan dari masyarakat setempat dan pengolaan terhadap wisatawan.

" Alhamdulillah infrastruktur jalan sudah dapat kita anggarkan pada tahun 2018 lalu  melalui bantuan dana DAK Pusat  senilai  4 M dan telah dapat kita manfaatkan sekarang ini, jalan yang dibangun tersebut melalui dana APBN adalah Jalan dari Taruang Taruang - Menuju Siaro -aro yang aksesnya melalui obyek wisata Pulutan, " ungkap Wabup Yulfadri.

" Kekuatan kabupaten berasal dari nagari nagarinya, untuk itu Saya minta Wali Nagari dan Camat  agar berkoordinasi dengan SKPD terkait untuk membangun nagari. kita juga nanti akan merangkul perantau-perantau yang sudah sukses di rantau untuk ikut berperan membangun kampung halaman demi kemajuan kita bersama, "  lanjut Yulfadri Nurdin.

Pada kesempatan tersebut,  Nal sebagai Ketua Pemuda Nagari Taruang taruang juga berharap kepada Wabup,  akibat hujan deras seminggu yang lalu terjadi bencana longsor ,sampai ke badan jalan sehingga mengganggu akses jalan dan sudah banyak terjadi kecelakaan karena tanah longsor tersebut .


Longsor terjadi di lokasi yang sangat rawan dan pendakian serta tikungan tajam, sehingga sering mengakibatkan terjadi korban laka.

" Kerena itu kami minta agar Bapak bisa membantu untuk mendatangkan alat berat untuk pekerjaan jalan yang rusak tersebut, jalan longsor tersebut juga telah di survei oleh Dinas PUPR bidang bencana alam, "  terang Wali Nagari Taruang-taruang  Iskandar.

Wabup Yulfadri Nurdin langsung  menanggapi keluhan dari pemuda tersebut, dan dalam waktu dekat pihaknya akan datangkan alat berat untuk perbaikan jalan tersebut karena sekarang alat berat sedang digunakan di Arosuka.


"  Selesai pekerjaan di Arosuka kami akan kirim ke sini, supaya tidak lagi memakan korban dan  membahayakan terdapat pengguna jalan serta masyarakat merasa aman dan nyaman, " ungkapnya.

Sebelumnya,  Iskandar Wali Nagari Taruang-taruang dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada Wabup Yulfadri Nurdin yang telah bersusah payah dalam memperjuangkan pembangunan jalan dari Nagari Taruang-taruang  menuju Nagari Siaro- aro sepanjang kurang lebih 6.2 km pengaspalan dan sekarang sudah dapat di nikmati oleh masyarakat nagari taruang taruang dan Siaro-aro serta seluruh pengguna jalan pada umumnya.

Iskandar dalam penyampaiannya juga menjelaskan bahwa tanah yang dijadikan objek wisata tersebut sekitar 70 hektar dan itu sudah merupakan aset Nagari yang dibeli sejak tahun 2008,2009 dan 2010 selama 3 tahun lamanya, yang akan dijadikan multi wisata,  wisata air, wisata buah-buahan dan oudbond yang dibuat konsep satu hari orang tak bosan.


Objek Wisata ini diberi nama Wisata Pulutan yang dirumuskan dalam rapat bersama pemerintahan nagari KAN,BMN dan Pemuda,  sekitar satu bulan yang lalu,  terang walinagari.

Di objek wisata Pulutan ini terdapat 2 buah embung yang dibangun dari dana desa dan satu lagi dibangun dengan dana Balai Sungai Wilayah 5 Sumatera.
Saat ini , objek wisata ini sudah ada  budidaya ikan, playingfox terpanjang di sumatera sepanjang 500 meter, dan peralatan wisata air, sepeda dayung. ATV dan juga sudah mulai dibangun pondok-pondok wisata dan penerangan.

Kedepannya,   Iskandar  juga akan  membuat kolam renang karena di sini airnya cukup bersih dan selalu ada sumber air,  harapannya 8 tahun lagi Wisata Pulutan ini akan menjadi sumber keuangan Nagari Taruang-taruang  untuk menjadikan Taruang-taruang sebagai Nagari Mandiri, "  tutupnya .(Nal)
×
Kaba Nan Baru Update