Notification

×

Iklan

Iklan

BPBD 50 Kota Terjunkan Alat Berat Normalisasi Sungai Buluh Kasok

21 April 2019 | 21.53 WIB Last Updated 2019-04-21T14:53:16Z


Limapuluh Kota - Tingginya intensitas hujan mengakibatkan meluapnya air sungai jorong Buluh Kasok kenagarian Sarilamak kecamatan Harau kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu (20/1) malam.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten 50 Kota bersama masyarakat setempat langsung berupaya agar kejadian banjir akibat luapan Sungai Buluh Kasok Kociak tidak kembali terjadi, Minggu (21/4). 

Kabid Kedaruratan dan logistik BPBD Limapuluh Kota, Rahmadinol, mengatakan, saat ini tim BPBD 50 Kota sudah ke lokasi dan menerjunkan alat berat, berupaya untuk menormalisasi sungai Buluh Kasok sementara dan harus dilakukan secara komprehensif agar kejadian meluapnya Sungai tersebut tidak terjadi lagi. 

Dijelaskan Rahmadinol, bencana ini juga mengakibatkan jebolnya lantai Sekolah TK Suci Hati karena pengikisan daerah aliran sungai dan bangunan TK rusak berat juga terancam ambruk. Beruntung, tidak ada korban jiwa terhadap bencana tersebut.

“Ini perlu penanganan segera, yaitu normalisasi sungai untuk menghindari kerugian lebih besar, karena itu satu unit alat berat dikerahkan," tegas Rahmadinol.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat, DT Majo Bosa Nan Putiah, mengungkapkan rasa terima kasih kepada Pemerintah kabupaten Limapuluh Kota, karena telah merespon cepat bencana di jorong Buluh Kasok ini. “Kami khawatir, anak-anak disini tidak bisa sekolah lagi jika bangunan sudah hancur," katanya. (BD)
×
Kaba Nan Baru Update