Notification

×

Iklan

Iklan

Dipimpin Sekretaris Nagari , Tim Ramadhan Nagari Taruang Taruang Kunjungi Masjid Al Huda Kototuo

10 Mei 2019 | 05.32 WIB Last Updated 2019-06-19T11:34:44Z
Sekretaris Nagari Andropen,A.Md memberikan Bantuan  kepada pengurus Masjid Al Huda Koto Tuo Nolsri Yasrul ( foto: Nal)

Kototuo — Tim Ramadhan Nagari Taruang  kec. IX koto sungai lasi Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat yang dipimpin oleh Sekretaris Nagari Andropen , A.Md mengunjungi Masjid  Al-Huda kototuo,  pada Rabu (8/5) malam.

Saat berkunjung kemasjid Al-Huda kototuo didampingi sejumlah  perangkat Nagari dan Organisasi Pemuda Karang taruna IPPTAS  yang dihadiri langsung Oleh Ketua Pemuda Karang Taruna IPTAS Nagari Taruang Taruang Husnal Petra, S.Pd

Dalam sambutannya Andropen mewakili wali nagari Taruang Taruang menyampaikan  rengiat  pembangunan yang akan dilaksanakan dinagari Taruang Taruang kec.IX koto Sungai Lasi Kabupaten Solok.

Andropen dalam penyampaiannya beberapa kegiatan pembangunan yang akan di laksanakan melalui biaya APBD 2019 dinagari Taruang Taruang  diantaranya:  pembukaan jalan usaha tani di jorong sawah jantan, pembukaan jalan usaha tani di jorong pangkua kociak, pembangunan pagar SMPN 2 Sungai lasi, dan peningkatan jalan batang Pamo Simpang Siaro-aro.

Dan pembagun melalui APB Nagari yaitu

1. Pendaman Jalan Komi - lokasi Wisata Rp 100.000.000,-
 2. pencoran jalan Guguak Polan Rp 100.000.000,-
3.pencoran jalan usaha tani patanangan - Batu loweh Rp 50.000.000,-
4.Peningkatan jalan Sawah Jantan Soriak Loweh Rp 149.146.300.-
5.Pembuatan Jembatan Kincir Rp 82.363.900.-  .

Sedangkan pembagunan nagari melalui dana ADD dan DDS adalah;

 1. Pembangunan Pondok Santai Aia batumbuak Rp 34.089.000.- (ADD) 2.Pembangunan Balai balai kemasyarakatan jorong balai okak Rp 87.213.757.-(DDS)
3.Peningkatan Embung Nagari Rp 130.764.000.-(DDS)
 4. pembangunan gedung serbaguna di lokasi wisata Rp 110.147.900,- (DDS)
5. Pembagunan Toilet di lokasi pariwisata Rp 22.860.500.- (ADD)
 6. pembuatan tanaman Bunga Rp 15.000.000,- (ADD)
7. pemeliharaan sarana dan prasarana pariwisata Rp 30.381.000,-  (ADD)
 8. Pembuatan Plank Merk lokasi Wisata Rp 8.000.000,- (ADD)
9. Pemasangan jaringan listrik di lokasi wisata Rp 55.484.875,- (DDS)
10. Honor Guru Paud Rp 6.000.000,- (DDS).

"Itu adalah pelaksanaan pembangunan di nagari kita pada tahun 2019." terang Andropen.

Jumlah Kegiatan dari APB Nagari ADD dan DDS Waktu  pelaksanaan pembagunan nagari ini adalah Bulan Mei - November 2019 harus rampung, ungkapnya.


Sementara Ketua Pemuda Karang Taruna IPPTAS  Husnal Petra,S.Pd  dalam sambutannya mengajak jemaah untuk senantiasa bersyukur dan memperhatikan pendidikan anak-anak dan generasi muda di Nagari Taruang Taruang  .

Menurutnya, tantangan era globalisasi yang sangat dinamis menuntut kesiapan ilmu dan iman yang kuat dikalangan generasi muda bangsa.

“Globalisasi dengan segala dampak positif dan negatifnya bergulir begitu cepat tanpa bisa dihambat. Kita harus bersiap.menghadapinya. Salah satu cara menyelamatkan generasi muda kita adalah melalui pendidikandan Olahraga, Organisasi Pemuda  sangat peduli untuk memajukan pendidikan dan Olahraga  itu guna peningkatan SDM,” ujar Husnal.

Ditambahkan, “Pendidikan lah yang akan membentengi generasi muda dari cengkraman negatif globalisasi Justru karena Itu Husnal Petra Melalui Organisasi Karang Taruna Ikatan Pemuda Pelajar Taruang Taruang Sepakat. akan memberikan Beasiswa kepada anak anak berprestasi di tingkat Sekolah Dasar dengan sistim perangkingan Nilai tertinggi mulai dari siswa kelas 1 sampai kelas 6 SD setiap tahun nya. di setiap sekolah Dasar yang ada di nagari Taruang taruang. dengan tujuan memberikan cambuk atau semangat kepada adik adik sekolah dasar tersebut.

Husnal mengajak generasi muda Taruang Taruang  untuk serius menempuh jenjang pendidikan hingga perguruan tinggi. Menurutnya, banyak pilihan perguruan tinggi terbaik di daerah Sumatera Barat.

“Kita punya banyak perguruan tinggi terbaik, silahkan masuk sesuai dengan minat dan bakat. Indonesia butuh generasi yang punya Iptek, Imtaq, lifeskill, soft skill dan social interaktif. Tingkatlah pendidikan. Jadilah raja di negeri sendiri,” pungkasnya.

Husnal Juga apresiasi terhadap kegiatan pemuda selama ini yang selalu bersatu dalam setiap kegiatan yang di laksanakan di nagari kita seperti mengadakan penerangan jalan dan gotong royong dalam perbaikan jalan kabupaten yang rusak parah  yang sudah memakan korban  luka terhadap para penguna jalan yang  menghubungkan 4 nagari ditarung tarung , serta pembangun sarana ibadah yang itu semua dilaksanakan berkat kerjasama pemuda nagari dan perantau yang saling bahu membahu dan mendukung setiap kegiatan yang di laksanakan .

Husnal Juga berharap kepada ketua pemuda jorong untuk selalu berkoordinasi mengaktifkan  kegiatan kepemudaan dan keolahragaan agar terjalin keharmonisan di antara pemuda dan terciptanya pemuda yang kreatif dan inovatif tutupnya"

Sementara . Harmonis.SE yang bertindak selaku penceramah dari Tim  Nagari  mengupas masalah amalan terbaik seseorang, khususnya di Bulan Ramadan.Dikatakan, amalan terbaik bagi seseorang adalah amalan yang menurut kadar dan situasinya paling sulit dilakukan pada kondisi orang tersebut.

“Bisa saja bagi seseorang sholat berjamaah di masjid adalah amalan terbaiknya karena dia ada kekuranagn fisik, atau bersedekah bagi orang yang kurang mampu. Jadi amalan terbaik adalah amal yang paling sulit kita kerjaan menurut kadar dan situasi diri kita,” terang Harmonis

Pasca penyampaian tausyiah acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dari Tim Ramadhan Nagari kepada pengurus Masjid Al Huda kototuo Bantuan diserahkan oleh Ketua Tim kepada Pengurus Masjid Nolsri Yasrul. (Nal)
×
Kaba Nan Baru Update