Notification

×

Iklan

Iklan

Keluhkan Masalah Abu, PLTU Sijantang di Demo Ratusan Masyarakat

09 Mei 2019 | 23.08 WIB Last Updated 2019-05-09T16:08:38Z


Sawahlunto - Ratusan Masyarakat Desa Sijantang dan Desa Salak melakukan Demo didepan PLTU Ombilin Sijantang terkait sisa pembuangan PLTU (Fly Ash) dan abu yang menumpuk di dalam lingkungan PLTU Sijantang, Kamis (9/5/) pukul 9 pagi tadi.

Dalam tuntutannya, masyarakat Dua Desa tersebut berorasi menuntut pihak PLTU segera mencari solusi atas limbah abu yang berterbangan di sekitar wilayah yang terdampak serta mencari pembuangan abu yang saat ini terlihat sudah menggunung dalam lingkungan PLTU tersebut.

"Kami dari masyarakat meminta agar pihak PLTU segera mencari solusi terhadap apa yang menjadi keluhan masyarakat yang terdampak," ujar Eka Oktarizan selaku orator aksi perwakilan dari warga.

Pihak PLTU yang berada di wilayah Desa Sijantang tersebut menerima aspirasi dari masyarakat dengan melakukan dialog antara pihak PLTU bersama dengan perwakilan masyarakat yang melakukan aksi damai tersebut.

Pasca dialog antara perwakilan masyarakat Dua Desa yang berunjuk rasa dengan pihak PLTU, kedua belah pihak menyepakati enam poin kesepakatan sebagai berikut :

1. Menajemen PLTU akan meminimalisir permasalahan abu yang keluar dari cerobong (Stack).

2. Tumpukan FABA di TPS area PLTU Ombilin akan dicarikan solusi untuk segera dipindahkan dari lokasi PLTU Ombilin sesuai aturan yang berlaku.

3. Sebelum selesainya jalan alternatif dan jembatan, PLTU Ombilin akan berkoordinasi dengan pemasok batubara dan dinas perhubungan terkait aturan kelas jalan.

4. PLTU Ombilin akan membuat jembatan untuk akses mobilisasi batubara dan FABA (Fly Ash Bottom Ash).

5. PLTU Ombilin akan menindaklanjuti kembali kesepakatan dengan masyarakat Desa Sijantang yang telah dibuat pada hari Kamis tanggal 14/4/2011.

6. PLTU Ombilin akan menindaklanjuti surat dari masyarakat Desa Salak tanggal 8/8/2018. (Akan menyampaikan jawaban surat tersebut bulan Juli 2019).

Kesepakatan antara kedua belah pihak ini ditandatangani oleh perwakilan warga Desa Sijantang, Eka Oktarizan, Junaidi Ilyas, Gusrinal dan warga Desa Salak, Ali Imran, H Zainur Pokieh Sati, Jeri Rizal. Serta dari pihak manajemen PLTU Sijantang, Adri Putra, Heryadi MR, Safrul, Ahmadi dan Benny Aprianto.

Menyikapi permasalahan abu yang menjadi tuntutan masyarakat, pihak manajemen PLTU Ombilin Sijantang yang diwakili Ahmadi menyampaikan,  masyarakat yang terdampak abu pembuangan PLTU akan dicarikam solusi sesegera mungkin, sehingga untuk kedepannya permasalahan abu yang cukup meresahkan masyarakat ini dapat diatasi dengan baik.

"Semoga pembenahan yang akan kami lakukan setelah lebaran ini, akan mengurangi dampak dari abu PLTU tersebut. Jiaka kami lupa, kami meminta kepada masyarakat untuk tolong ingatkan kami agar bisa segera kami tindaklanjuti," pinta Ahmadi. (dyko)
×
Kaba Nan Baru Update