Notification

×

Iklan

Iklan

Sepuluh Tips Ibadah Di Bulan Ramadhan

05 Mei 2019 | 22.08 WIB Last Updated 2019-05-05T15:08:34Z

Pasbana.com --- Ramadhan adalah bulan ibadah, seyogyanya target-target ibadah harus kita tetapkan di awal Ramadhan ini.
Hal ini agar Ramadhan tidak berlalu begitu saja tanpa ada perubahan pada pribadi yang beriman. Selain itu, adanya sasaran yang hendak dicapai membuat seorang Muslim dapat konsisten menjalani hari demi hari di bulan suci.

Berikut target-target ibadah yang bisa kita jadikan referensi untuk maksimalnya ibadah kita di Ramadhan tahun ini. 
Pertama, tak ketinggalan shalat tarawih pada malam hari dan shalat dhuha pada pagi hari.
Kedua, rutin membaca Alquran hingga khatam satu setiap hari. Dengan begitu, dalam 30 hari Ramadhan, Alquran 30 juz dapat diselesaikan. Syukur jika bisa lebih dari sekali kita bisa mengkhatamkan Al-Qur'an.
Ketiga, selalu shalat lima waktu secara berjamaah.
Keempat, rutin melakukan shalat sunah rawatib yakni sebelum dan sesudah shalat wajib lima waktu.
Kelima, terkait ibadah sosial. Misalnya, mulai dari berbagi senyum kepada rekan-rekan kerja dan di rumah hingga berbuat baik kepada sesama.
Keenam, rutin bersedekah setiap hari. Dalam hal ini, Naba Aji menyarankan agar seorang Muslim selalu menyiapkan uang untuk bersedekah setiap hari di bulan Ramadhan.
Ketujuh, shalat tarawih di masjid.
Kedelapan, memberi makan orang-orang yang berbuka puasa. Program sedekah khusus ini dapat berbagai cara. Misalnya, menyiapkan beberapa bungkus makanan sebelum maghrib tiba. Kemudian, paket-paket makanan itu dibagikan kepada orang-orang yang hendak berbuka puasa di masjid-masjid. Kalaupun paket tak bisa disiapkan, sebagai gantinya bisa berupa uang ke panitia buka puasa bersama setempat.
Kesembilan, membagi-bagikan Alquran. Mushaf Alquran dapat disedekahkan ke masjid-masjid. Kegiatan membagikan mushaf Alquran ini bisa dilakukan selang beberapa hari.
Kesepuluh, rutin membaca amalan doa dan surah-surah pendek Alquran sebelum tidur. Bacaan itu termasuk surah an-Nas, al-Falaq, al-Ikhlas, al-Qalam, dan ayat Kursiy.
Mudah-mudahan ini bisa menjadi inspirasi, di bulan penuh ampunan ini .

Sumber: Republika
×
Kaba Nan Baru Update