Notification

×

Iklan

Iklan

Hutan di Pessel Terbakar, Tim Gabungan Berjibaku Padamkan Api

13 Agustus 2019 | 14.23 WIB Last Updated 2019-08-13T07:23:13Z
Tim  gabungan sedang berusaha memadamkan api dalam kebakaran hutan di Pessel (foto: Viva )

Pesisir Selatan -- Sekitar 50 hektare kawasan hutan produksi konversi (HPK) di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, dilaporkan terbakar. Kebakaran lahan HPK itu diketahui, saat jajaran Komando Distrik Militer 0311 Pesisir Selatan, melakukan pemantauan terkait dengan kebakaran hutan, dan lahan yang terpantau melalui aplikasi Lapan Fire Hotspot pada Sabtu siang, 10 Agustus 2019.

Dari aplikasi Lapan Fire Hotspot, titik api itu terpantau ke arah Pinang Sebatang areal kawasan HPK yang terletak di perbatasan antara Kecamatan Lunang dan BAB Tapan. Hingga kini, belum diketahui penyebab terbakarnya kawasan HPK itu. 

Meski dihiasi kabut asap yang cukup tebal, tim tetap berusaha melakukan upaya pemadaman semampunya. Lahan yang terbakar merupakan lahan gambut.

“Akses jalan masuk menuju lokasi yang terbakar sangat sulit dilewati. Meski demikian, kita tetap lakukan upaya pemadaman semampunya. Saat ini masih terlihat beberapa titik asap dan tidak terlalu tebal," ujar Letkol Kav Edwin Dwigusana, Dandim 0311 Pesisir Selatan.

Komando Distrik Militer (Kodim) 0311 Pesisir Selatan, Sumatera Barat, telah mengerahkan sebanyak 25 personel untuk memadamkan kebakaran 50 hektare kawasan hutan produksi konversi (HPK), di lokasi Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan.

Selain dari Kodim 0311 Pesisir Selatan, upaya pemadaman api juga dilakukan oleh sejumlah personel dari BPBD dan Kepolisian setempat. Hingga kini, tim gabungan tersebut masih berjibaku memadamkan api. (ril)
×
Kaba Nan Baru Update