Notification

×

Iklan

Iklan

Pameran Kurun Niaga

23 Oktober 2019 | 20.04 WIB Last Updated 2019-10-23T13:04:52Z

Solok, Pasbana - Komunitas Gubuak Kopi kembali menggelar pameran pada 25-30 Oktober 2019 nanti di Gedung Kubuang Tigo Baleh, Kota Solok. Pameran kali ini berjudul “Kurun Niaga”, berangkat dari arsip dan catatan masa lampau, sejak 1600 hingga 1900an.

Materi yang dipamerkan berupa arsip-arsip dan karya yang merespon arsip tersebut dalam medium baru. Materi  ini akan ditata dan dikurasi sebagai ruang konseptual, yang menarasikan alur sejarah dan wacana yang diusung, serta menghadirkan model pengembangan arsip melalui pendekatan seni berbasis media.

Dalam proyek ini Komunitas Gubuak Kopi melibatkan sejumlah partisipan yang terdiri dari profesional (seniman, penulis, dan peneliti), untuk melanjutkan riset yang telah dimulai Komunitas Gubuak Kopi sejak 2016 lalu.

Para partisipan diundang untuk membaca perkembangan dan silang kebudayaan di Sumatera Barat, yang dipantik dengan sejarah kehadiran jalur dagang pada masa lampau. Serta memaknai ulang posisi Kota Solok sebagai salah satu titik strategis dari perniagaan internal Sumatera Barat.

Para partisipan antara lain Biki Wabihamdhika, Biahlil Badri, Dika Adrian (Badik), Novi Satria Kitiang, Ilham Arrasullian, Hafizan, Palito Club, Volta A. Jonneva, Mella Darmayanti, Teju Marselen, Shilvy Choiriah, Uria Novita, dan Yolla Purnamasari. Komunitas pencinta truck Sumbar Sintinjau Lauik Truck Video, Om Ded Channel, Dayon Channel, dan Truck Sumbar 32.

Selain itu, kegiatan ini juga menghadirkan pameran produk ekonomi kreatif dan kurasi seni pertunjukan. Pertunjukan yang akan berlangsung pada 25-26 Oktober 2019 ini menghadirkan 6 seniman atau grup untuk merespon tema yang sama. Antara lain, Phicoiii, Uria Novita, Ethnic Percussion, Jumaidil Firdaus Project, Candasuara, dan Orkes Taman Bunga.

Pameran ini terlaksana atas kerja sama Komunitas Gubuak Kopi dengan Direktorat Sejarah Kementerian Pendidikan, dan didukung oleh Kebudayaan dan Dinas Pariwisata Kota Solok, serta Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat.(ril)
×
Kaba Nan Baru Update