Notification

×

Iklan

Iklan

Kodim 0309/Solok Bantu Warga Korban Banjir Bandang Solok Selatan

29 November 2019 | 19.21 WIB Last Updated 2019-11-29T12:21:01Z

Solok Selatan, Pasbana. -Banjir yang melanda kabupaten Solok Selatan provinsi Sumbar beberapa waktu lalu yang mengakibatkan kerugian  tidak sedikit kepada masyarakat setempat,
Komandan Kodim  0309/Solok Letkol Arh. Prio Iswahyudi mengerahkan personelnya untuk bersama sama dengan pemerintah daerah,Polri, BPBD setempat dan masyarakat  untuk mengatasi kesulitan masyarakat yang terkena dampak korban banjir Solok Selatan, Jum'at (29/11)

Menindaklanjuti Perintah Dandim, Kapten Inf Afrizal selaku Danramil 03/Muara Labuh  langsung mengambil langkah berkoordinasi dan bersama sama dengan masyarakat melaksanakan gotong royong, bahu membahu  membantu korban banjir di semua wilayah yang terkena dampak banjir. Dengan melakukan pembersihan material banjir bandang dan tanah longsor menggunakan alat berat berupa  wheeloder dan excavator.


Akibat Pasca banjir yang melanda 9 Nagari di Empat Kecamatan wilayah Kabupaten Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat pada Jum'at, (22/11) lalu telah mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit kepada masyarakat setempat.


Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, namun sejumlah fasilitas umum seperti jembatan rusak dan puluhan rumah tak lagi bisa ditinggali. Beberapa  kampung juga terisolir serta akses juga  tertutup longsor.

Sampai saat ini kodim 03039 tetap melakukan berbagai kegiatan  dalam hal membantu dampak banjir tersebut. Selain obat-obatan, dana bantuan juga telah disalurkan ke lokasi pengungsian yang tersebar di empat titik yakni Pasir Panjang, Sapan Salak, Sapan Batu dan Balai Adat Nagari Pakan Rabaa.


Bencana alam banjir yang disebabkan oleh hujan yang cukup lama membuat Sungai Batang Liki meluap sampai menggenangi beberapa rumah warga dan menggenangi jalan raya yang menghubungkan Kab. Solok Selatan dengan Kota Padang.

 BNPB mencatat, sebanyak 1.952 rumah terendam, 26 rumah rusak, dan 14 bangunan lainnya mengalami kerusakan. Kemudian, lima jembatan untuk akses 6.000 orang terputus, dua unit irigasi rusak, hingga 29 hektar sawah rusak.

Kapt inf Afrizal mengatakan Selain kegiatan pembersihan material sisa banjir bandang, TNI bersama dengan pemerintah daerah juga membuka posko pelayanan kesehatan gratis dan  pelayanan trauma healing pada para korban bencana banjir dan longsor. Upaya ini untuk mengembalikan kepercayaan diri dan mental korban, terutama anak-anak dan balita, tutup Afrizal,"(Nal)
×
Kaba Nan Baru Update