Notification

×

Iklan

Iklan

Sijunjung Gelar Wisuda Tahfidz Akbar, Sebanyak 5566 Penghafal Al-Qur'an Diwisuda

12 Februari 2020 | 12.40 WIB Last Updated 2020-02-12T05:40:26Z
Syamsul Bahri,  Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung ( foto: Nal)

Sijunjung,  Pasbana.com -- Dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Sijunjung ke -71 tahun 2020,  Pemerintah Kabupaten  Sijunjung bakal  menggelar Wisuda Tahfizh Akbar. Wisuda ini rencananya diikuti oleh lebih kurang 5.566  Hafizh dan Hafizah  Al Qur'an Anak Usia Dini. Kamis (13/02) bertempat di lapangan Prof.M.Yamin .

Kegiatan ini sejalan dengan launching Ceta Bacorak ( Batik Sijunjung ), yang juga melibatkan anak anak PAUD Se -Kabupaten Sijunjung. Event ini merupakan Program Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Sijunjung Maju, Sijunjung Jaya yang dilandasi  nilai nilai keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung Ramler, SH.MM melalui Sekretaris H.Syamsul Bahri,S.Pd.MM, di ruang kerjanya, Rabu (12/2) kepada Pasbana.com menyampaikan tujuan kegiatan ini sebagai bentuk penghargaan oleh Pemerintah Daerah kepada anak anak PAUD penghafal Al Qur'an ( Hafizh dan Hafizah ).


Program Tahfidz  selama ini oleh tenaga pendidik di Sekolah sudah menjadi pembiasaan yang dilaksanakan di setiap awal pembelajaran dan bahkan diwaktu mengakhiri suatu kegiatan pembelajaran.
Dan merupakan hasil dari proses yang terbangun dengan pembiasaan di Lembaga PAUD.

Menurut Syamsul Bahri,   wisuda tahfizh ini  digelar bertujuan tidak melihat kepada jumlah Surat yang dihafal atau jumlah Juz yang ditamatkan, tetapi lebih kepada motivasi dan stimulasi dini, menanamkan nilai nilai Al,Quran Kepada Anak sejak dini  .

Sehingga yang pada akhirnya tentu kita berharap akan melahirkan anak anak penghafal Al Qur'an yang pada suatu saat nanti tentu berpengaruh besar terhadap prilaku, karakter , pembiasaan anak yang sesuai dengan nilai nilai  Al Qur'an.

Lebih jauh disampaikan,  walaupun target kita bukan jumlah hafalan, namun dari hasil pembiasaan dalam proses pembelajaran dari 5.566 anak PAUD yang ikut Wisuda Tahfizh dapat dikategorikan  sebanyak 4.519 anak telah hafal  sekitar 5 sd 8  Surat dari Juz 30, 857 anak sudah hafal 10 Surat dan 119 anak sudah hafal 15  Surat, bahkan sudah ada yang hafal juz 30 secara keseluruhan.

Kita tentu berharap kegiatan wisuda akbar ini dapat semakin menambah semangat anak untuk mencintai al,quran dengan terbiasa membaca, menghafal dan mengamalkan dalam kehidupan sehari hari, tutupnya.(Nal)
×
Kaba Nan Baru Update