Libur Masa Pandemi, Hizbi Berhasil Khatamkan Hapalan Al-Qur'an 30 Juz

Iklan Semua Halaman


Libur Masa Pandemi, Hizbi Berhasil Khatamkan Hapalan Al-Qur'an 30 Juz

Admin Minangkabau
14 June 2020
Hizbi Adli Assaif


Padang Panjang - Namanya Hizbi Adli Assaif, putra pertama dari empat bersaudara. Putra dari Ust. Syaifullah salah seorang guru agama di salah satu SMP Negeri di Payakumbuh, Kota Batiah dan Kalamai.


Saat ini Hizbi berusia 14 tahun dan akan naik ke kelas 9 di SMP di SMPIT Al Hijrah Kota Padang Panjang.


Seperti layaknya anak yang beranjak lainnya, penampilan Hizbi kalem, tetap suka bermain dengan teman sebaya. Namun yang istimewa adalah kesungguhannya dalam menghapal Al-Qur'an.


Selama pemberlakuan PSBB dimasa Pandemi Covid-19 ini, Hizbi Berhasil menuntaskan hafalan Al-Qur'an nya genap 30 Juz. Sebuah prestasi yang luar biasa !


Disaat beberapa anak yang lain terbuai  dengan gadget dan tontonan televisi, Hizbi justru memanfaatkan himbauan #dirumahsaja dengan menghafal Al-Qur'an.


Hizbi yang akrab dipanggil uwan dikeluarganya ini sudah menyelesaikan hafalan Al Qur'annya selama masa pandemi 2.5 bulan di rumah, pernah selama bulan Ramadhan, 3 hari diantaranya Hizbi bisa menghafal 1 juz dalam 1 hari. 


Motivasi yang dimiliki oleh siswa kelas 8.1 (lokal tahfizh) di SMP IT AL HIJRAH - IBS ini adalah untuk membahagiakan kedua orang tuanya, Abi dan Umi begitu Hizbi memanggil orang tuanya.


Sungguh mulia hati dan sebuah pengabdian seorang anak kepada orang tua yang membuat terharu dan bangga.


Hizbi menyampaikan bahwa kendala dan godaan terbesar selama menyelesaikan hafalan Al-Qur'an 30 Juz adalah menonton TV. Sementara untuk gadget, Hizbi tidak pernah menggunakannya. Ia hanya fokus kepada hafalan Al-Qur'an saat ada waktu yang senggang selama PSBB.


Tekad Hizbi untuk mengkhatamkan hafalan  Al-Qur'an 30 Juz sudah disampaikan kepada Ustadz-Ustadzah di SMPIT Al Hijrah sebelum masa Pandemi.


Bahwa dirinya akan mengkhatamkan hafalan Al-Qur'an sebelum ia naik kelas 9. Sehingga saat di kelas 9 nanti, ia hanya akan mengulang hafalan saja, istilahnya muroja'ah saja.


Dengan bekal hafalan Al-Qur'an 19 Juz sebelum libur masa Pandemi, Hizbi langsung tancap gas dalam hapalan Al Qur'an selama liburan Pandemi.


Ustadz Muhammad Syukron, selaku Kepala Sekolah SMPIT Al Hijrah dan sekaligus pembimbing di Islamic Boarding School Al Hijrah terharu menyaksikan prestasi yang luar biasa dari anak didiknya tersebut.


" Hizbi anak pertama di keluarga ini juga memiliki akhlak dan karakter yang santun, dan yang tidak kalah pentingnya Hizbi juga menjadi juara dan peringkat 1 di kelasnya, " ungkap Ustadz Syukron saat ditemui oleh Pasbana.com.


Ustadz Syukron menambahkan bahwa ini adalah prestasi luar biasa bagi dirinya selaku pendidik dan sekaligus membuatnya terharu.


" Allah SWT memang membuktikan dan memastikan janjinya, siapa yang menghafal dan menjaga Al Qur"an, Allah akan angkat derjatnya dan setelah itu pasti akan mengikut segalanya asalkan kita yakin dan percaya akan janji-janji Allah SWT, " tandas Ustadz yang juga Ketua IKADI Kota Padang Panjang ini. 


Ia mengucapkan selamat kepada kedua orang tua Hizbi atas kerja keras dan bimbingannya selama masa liburan Pandemi Covid-19, sehingga Hizbi bisa menuntaskan hafalan Al-Qur'an 30 Juz.


" Semoga kelak di surgaNya, Abi dan Umi Hizbi akan mendapatkan hadiah terindah berupa mahkota dan jubah terbaik dari ananda Hizbi Adli Assaif," pungkas Ustadz Syukron berurai air mata karena bahagia bercampur haru. (bd)