Notification

×

Iklan

Iklan

Tingkatkan Pemahaman FKTP dan Peserta Prolanis Melalui BPJS Kesehatan Mengajar

30 Juni 2020 | 19.22 WIB Last Updated 2020-06-30T12:22:57Z

Solok -– Dalam rangka memeriahkan HUT BPJS Kesehatan yang ke 52, BPJS Kessehatan Cabang Solok kembali menyelenggarakan kegiatan “Knows and Win FKTP Tahun 2020”, salah satu rangkaian kegiatannya yaitu BPJS Kesehatan Mengajar yang dilaksanakan secara daring (online). Kegiatan ini diikuti oleh petugas Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang terdiri dari Puskesmas, Dokter Praktek Peroranga (DPP), dan Klinik Pratama, serta perwakilan peserta Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) masing –masing FKTP se Kota Solok, Selasa (30/06).

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Solok, Ehrlich Von Dantes menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengetahuan dan pemahaman petugas FKTP dan peserta Prolanis terhadap regulasi JKN-KIS.
“Kegiatan ini mendorong FKTP dan peserta prolanis untuk me-refresh dan meng-update pengetahuan sehingga nantinya memperoleh pemahaman yang sama terkait program JKN-KIS dan dapat memberikan transfer knowladge kepada rekan kerja di FKTP serta kepada peserta prolanis yang lainnya,” ujar Ehrlich.

Pada kesempatan kali ini pengajar menyampaikan perkembangan regulasi atau kebijakan terkini seputar program JKN-KIS kepada peserta BPJS Kesehatan Mengajar. “Diharapkan kepada peserta agar lebih aware terhadap regulasi, alur pelayanan kesehatan, serta fitur-fitur terbaru yang dikembangkan BPJS Kesehatan untuk lebih memudahkan peserta dalam mendapatkan pelayanan,” ujar Ehrlich.

Ehrlich juga menambahkan bahwa kegiatan tidak hanya sampai disini saja, tetapi sebagai output dari kegiatan BPJS Kesehatan Mengajar, selanjutnya dilaksanakan kegiatan “Knows and Win” melalui ujian online yang akan diikuti oleh perwakilan dari FKTP dan peserta prolanis.

“Peserta yang menang ditingkat Cabang akan menjadi perwakilan lomba ditingkat Kedeputian Wilayah, sampai ke tingkat nasional nantinya. Semoga materi yang didapatkan peserta pada hari ini, dapat menjadi bekal untuk peserta dalam perlombaan “Knows and Win” nantinya,” ungkap Ehrlich.

Kegiatan ini juga dilaksanakan dilima Kabupaten/Kota lainnya yang juga merupakan wilayah Kantor Cabang Solok, yaitu Kabupaten Solok, Kabupaten Solok Selatan, Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung, dan Kabupaten Dharmasraya. “Kami berharap ada nantinya perwakilan dari Kabupaten/Kota di wilayah Kantor Cabang Solok yang masuk tahap seleksi tingkat nasional,”terang Ehrlich.

Kegiatan BPJS Kesehatan Mengajar ini disambut antusias oleh petugas FKTP maupun peserta Prolanis, salah satunya Eliwahyuni sebagai perwakilan petugas Puskesmas Tanah Garam Kota Solok. Ia mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat menarik dan menambah wawasan bagi petugas FKTP dalam memberikan pelayanan kepada peserta JKN-KIS.

“Acara dikemas dengan menarik dan pengajar juga menjelaskan dengan sangat baik terkait regulasi-regulasi program JKN-KIS, serta me-refresh kembali tentang prosedur pelayanan di FKTP. Dengan adanya kompetisi nantinya juga ada feedback dari peserta terkait tingkat pemahaman peserta dari materi yang sudah disampaikan pada kegiatan ini,” tutupnya," (Nal)
×
Kaba Nan Baru Update