Notification

×

Iklan

Iklan

Berkat JKN-KIS, Embun Kaluna Lahir Selamat

04 Agustus 2020 | 09.52 WIB Last Updated 2020-08-04T02:52:30Z


Payakumbuh - Seorang ibu rumah tangga Mega Meningsih (31) tahun warga kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat, merasakan perasaan bahagia, karena bisa memanfaatkan JKN-KIS saat melahirkan putri ketiganya bernama Embun Kaluna untuk operasi di Klinik Bersalin Annisa kota Payakumbuh. Hal tersebut ia lontarkan pada saat dimintai pendapat tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan BPJS Kesehatan, Selasa (4/7).

“Alhamdulillah, kartu JKN-KIS untuk ketiga kalinya bisa saya gunakan untuk proses melahirkan di salah satu Klinik Bersalin Kota Payakumbuh. Sebelumnya saya khawatir jika kartu ini tidak bisa digunakan di klinik bersalin selain di Puskesmas, karena tidak bisa melahirkan normal untuk anak ketiga ini, sayapun dirujuk untuk di operasi ke klinik bersalin. Dan setelah suami saya berkonsultasi bersama pihak Puskesmas sebagai peserta JKN-KIS, pun pihak puskesmas siap untuk mengurus segala administrasi BPJS di Klinik tersebut,” ujar Mega.

Menurutnya, JKN-KIS sangat membantunya dalam pengurusan kesehatan. Anak saja saat sakit, demam, flu dan batuk bisa juga saya mintakan obatnya ke Puskesmas dengan membawa kartu JKN-KIS. “Namun terlepas dari semua itu, kami sangat bersyukur karena operasinya berjalan lancar dan bayinya selamat,” ungkapnya.

Ditambahkan Mega, selama dirawat di klinik bersalin tersebut saya juga mendapatkan pelayanan yang sangat baik dari dokter maupun petugas kesehatan di Klinik tersebut. Pihak keluarga sangat bersyukur karena semua biaya pelayanan ditanggung oleh Program JKN-KIS dan tidak menyangka kalau manfaat yang diperoleh dari program ini sangat besar dan tidak ada perbedaan pelayanan antar segmen peserta.

“Semua biaya ditanggung oleh BPJS Kesehatan, mulai dari obat Puskesmas hingga operasi. Saya tidak tahu persis jumlah biayanya berapa namun yang saya tahu pasti cukup besar dan tentu kami tidak mampu jika harus membayar sendiri,” pungkas Mega diamini Suaminya. 

Sebelumnya, banyak masyarakat awam yang belum paham dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS) sendiri yang memiliki fungsi untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis. Penggunanya sendiri dapat menggunakan fungsi KIS ini di setiap fasilitas kesehatan tingkat pertama dan tingkat lanjut. (BD)
×
Kaba Nan Baru Update