Notification

×

Iklan

Iklan

Pemuda Gotong Royong Manfaatkan Aliran Sungai Mati Untuk Budidaya ikan

18 Agustus 2020 | 15.47 WIB Last Updated 2020-08-18T08:48:41Z

Solok Pasbana.com,- Dengan semangat Kemerdekaan puluhan  Pemuda Jorong  Pangkua kociak Nagari Taruang Taruang Kec.IX koto Sungai Lasi Kabupaten Solok bergerak bersihkan sungai, Selasa (18/08).

Gotong royong pembersihan sungai dilakukan pemuda secara swadaya, yang nantinya sungai tersebut akan dimanfaatkan  pemuda jorong setempat  sebagai sarana  budidaya ikan terang.

Nampak hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Jorong Alisul Padri didampingi Yuhendri  yang akrab disapa pak Hendro, Kasi Pelayanan Nagari Taruang-Taruang .


Mardius Pemuda Peduli Nagari kepada pasbana.com menjelaskan gotong royong pembersihan bandar air ini dilakukan agar saluran air menjadi lancar sehingga tidak terjadi bencana banjir.

Dan diharapkan  masyarakat tidak lagi membuang sampah ke sungai, sehingga  air  sungai menjadi lancar, indah dan asri.

Maka kita akan memanfaatkan sungai tersebut untuk budidaya ikan yang dikelola oleh pemuda dengan melepaskan ikan ke sepanjang  sungai tersebut hasil panen ikan tersebut akan dimanfaatkan oleh warga sekitar, terangnya.

" Dengan dimanfaatkannya sungai tersebut maka kelestarian lingkungan akan terjaga menjadikan sungai  bersih dan menjadi produktif ,"  ungkap Mardius.



Dalam kegiatan tersebut warga memanfaatkan alat seadanya seperti cangkul dan sabit, pemuda membersihkan sampah, semak belukar dan rerumputan di sepanjang sungai tersebut.

Ketua Pemuda Taruang Taruang Husnal Petra,S.Pd memberikan apresiasi dengan kegiatan sosial  yang telah dilakukan oleh pemuda, kegiatan ini tentunya dengan memanfaat sungai ini menjadi tempat pemeliharaan ikan akan menjadikan pemuda mandiri dan kreatif memanfaatkan sungai mati menjadi berguna dan menghasilkan.

Ucapan terima kasih  kepada para donatur dan perantau yang ikut berpartisipasi membeei dukungan dan mendukung penuh kegiatan pemuda selama ini, tanpa dukungan dan kerjasama semua pihak pemuda tidak akan bisa bergerak dengan sendirinya, tutupnya.(Nal).
×
Kaba Nan Baru Update