Notification

×

Iklan

Iklan

ISI Padang Panjang Gelar Festival dan Lomba Berskala Nasional

30 Oktober 2020 | 13.42 WIB Last Updated 2020-11-07T12:58:07Z

 



Padangpanjang -- Institut Seni Padang Panjang gelar Festival dan Lomba Berskala Nasional. Festival dan Lomba tersebut antara lain Festival Seni Tutur, Lomba Cipta  Puisi, dan Lomba Penulisan Naskah Drama. Ketiga kegiatan berskala Nasional ini diprakarsai oleh jurusan Seni Teater. 


“Festival Seni Tutur Se-Sumatera secara daring akan menjadi pembelajaran langsung yang berwujud apresiasi pertunjukan dan diskusi keilmuan sesama penggiat seni. Hal ini tentu akan memberikan peguatan kognitif, afektif dan psiko-motorik secara empiris terutama terkait pengelolaan kesenian yang melibatkan jalinan kerja sama dengan segenap lapisan  masyarakat pendukungnya, " Jelas Saaduddin, S.Sn., M.Sn Ketua Panitia Pelaksana Festival Seni Tutur. 


Ketua Jurusan Seni Teater, Dr. Sulaiman Juned, M.Sn mengatakan Kegiatan ini tentu dapat memotivasi mata kuliah lokal konten ketika terjadi dialog dalam pertemuan secara daring sesama pengkarya seni tutur. Hal ini tentu dapat pula menjadi penajaman keilmuan bagi mahasiswa di Jurusan Seni Teater dari berbagai bentuk struktur penyajian seni tutur Ungkapnya.


Saaduddin menambahkan, Penguatan secara metodik  agar tujuan instruksionalnya dapat berjalan secara efektif dan efisien. 


Wujud penguatan tersebut salah satunya diperlukan labotari penciptaan, pengkajian dan penyajian serta apresiasi yang semakin intensif. Laboratori ini sangat penting mengingat tahapan penciptaan, pengkajian dan penyajian perlu ditunjang dengan adanya ruang pengamatan (observasi), Pencarian (eksplorasi), penjaringan (apresiasi). 

Sementara untuk melihat petunjuk teknis dalam Festival Seni Tutur Tingkat Sumatera Secara Daring dapat dilihat melalui link :  

https://bit.ly/3IGvOkf.




ISI padangpanjang walaupun dalam masa pandemi Covid19 tetap melaksanakan kreatifitas. Hal ini tentu disesuaikan dengan perkembangan zaman di era globalisasi. 


Atas dasar itulah, Jurusan Seni Teater ISI Padangpanjang melaksanakan kegiatan Lomba Cipta Puisi agar mahasiswa dan masyarakat umum dapat merasakan manfaat dari kreatifitas dari kampus ini. 


Menciptakan puisi dapat mendorong penyairnya untuk menuangkan gagasan-gagasan baru dalam melihat gejala sosial dilingkungannya, papar Firdaus, S.St., M.Pd Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan. 


Ketua Panitia Lomba Cipta Puisi Dr. Sulaiman Juned, M.Sn mengatakan, mencipta puisi dapat mendorong penulisnya berpikir kritis dalam merebut imajinasi yang berserakan dilingkungannya. Lomba Cipta Puisi ini sengaja temanya dibebaskan karena ingin meransang ide-ide kreatif para penyairnya.  Sementara apabila temanya ditentukan ide kreatif menjadi terkungkung, tuturnya sang penyair yang juga teaterawan itu.


Firdaus menambahkan, ISI padangpanjang sebagai salah satu Perguruan Tinggi  sangat mengapresiasi cipta puisi sebagai ruang kreatif. Berangkat dari puisi dapat akan dapat menjadi pertunjukan teater, tari, dan musik. Selain memotivasi mahasiswa dan masyarakat umum untuk melahirkan karya-karya yang monumental. Kegiatan ini dilaksanakan secara Daring/Online, pungkasnya. 

Sulaiman Juned menambahkan, Pesyaratan pengiriman naskah puisi, pendaftaran tidak dipungut biaya, dan terbuka untuk umum bagi WNI. Puisi dikirim dalam  format docx atau pdf dengan menyertakan photo, identitas diri, KTP/Kartu Mahasiswa. 


Seluruh data digabung dalam satu file dan dikirim ke email prodiseniteater19@gmail.com. Setiap peserta diwajibkan mengirimkan 2 puisi dengan format ukuran  huruf 12pt, font times new roman dan spasi 1,5. Batas pengiriman puisi dimulai 22 Oktober sampai dengan 22 Nopember 2020. Masa penjurian 23 sampai dengan 26 Nopember 2020. 


Pemenang akan diumumkan melalui Website resmi ISI Padangpanjang dan media sosial pada tanggal 27 Nopember 2020. Hal-hal yang belum jelas silakan menghubungi narahubung Fauziah Laili 085381857376 Ungkap Ketua Jurusan Seni Teater ISI Padangpanjang. 




Dan lomba ketiga yang patut untuk diikuti dan disukseskan adalah Lomba Penulisan Naskah Drama. Ketua Panitia Lomba, Dr. Dharminta Soeryana, M.Sn mengatakan, Penulisan naskah Drama tahun-tahun ini mulai digemari seantero nusantara. 


Atas dasar itu jurusan Seni Teater ISI Padangpanjang turut serta memberikan apresiasi terhadap lomba-lomba penulisan naskah drama. Kegiatan ini digelar tentunya Jurusan Seni Teater menjadi pemantik untuk lahirnya dramawan-dramawan muda di Indonesia, ungkapnya.  .


Dharminta menambahkan Peserta merupakan Warga Negara Indonesia, naskah orosinil uarya sendiri. Naskah bertemakan bebas asal tidak mengandung SARA, Fornografi dan tidak bertentangan dengan Pancasila. Naskah disertai Sinopsis dan bergaya realis. Format penulis naskah memiliki keterangan adegan, suasana, iringan dialog dan keterangan teknis pemanggungan lainnya. Hal-hal yang kurang jelas silakan menghubungi narahubung Desi Susanti (081374113853) sebutnya.  


Firdaus menambahkan, Kampus Seni ISI Padangpanjang yang memiliki Jurusan Seni Teater tentu perlu menggairahkan tradisi penulisan naskah drama. Menulis naskah drama memiliki kesulitan yang berbeda dengan penulisan-penulisan genre sastra lainnya. Hal ini juga memberi peluang kepada penulis drama dalam mengembangkan penulisan drama bergaya realis. Paparnya.


Dharminta menambahkan, Batas penerimaan karya 14 Oktober sampai dengan 4 Nopember 2020. Masa penjurian 5 sampai 10 November 2020. Sementara pengumuman pemenang akan diumumkan pada tanggal 11 November 2020 melalui Website ISI Padangpanjang, tuturnya.   (*)             

×
Kaba Nan Baru Update