Karang Taruna Gantiang Adakan Pelatihan Kerajinan Tangan -->

Iklan Semua Halaman


Karang Taruna Gantiang Adakan Pelatihan Kerajinan Tangan

Web Master
09 January 2021



Padang Panjang --  Dalam rangka mengurangi tingkat pengangguran di Padangpanjang, Karang Taruna kelurahan Gantiang melaksanakan pelatihan kerajinan tangan. Kegiatan ini merupakan bantuan dari Kementerian Tenaga Kerja yang dijembatani oleh anggota Komisi IX DPR RI, dr. H Suir Syam, M.Kes., MMR.

Pelatihan kerajinan tangan dibuka secara resmi oleh perwakilan dari pihak Bapak Suir Syam, yaitu Mulia Mitra Hadi, S.Pd Sabtu, 09 Januari 2021.

Dalam sambutannya, Mulia Mitra Hadi menyampaikan bahwa program ini merupakan bentuk kerjasama antar lembaga pemerintahan. Di dalam hal ini adalah Komisi IX dengan Kementerian Tenaga Kerja.

" Ini adalah bentuk kerjasama antar lembaga pemerintahan. Kenapa kita bisa dapatkan program ini, tak lain dan tak bukan adalah bentuk komitmen Bapak Suir Syam untuk membangun kreatifitas masyarakat Sumatra Barat, " papar Mulia di hadapan hadirin. 





Selain di Kelurahan Ganting, program ini juga dilaksanakan di dua kelurahan lainnya yaitu Kelurahan Balai-balai dengan spesifiknya konveksi dan Kelurahan Kampung Manggis spesifik industri sabun pencuci piring. 

" Saat ini Padangpanjang dipilih untuk dilakukan pelatihan seperti ini, kedepannya akan kita susuri daerah-daerah lain untuk kita kembangkan melalui program seperti ini, " imbuhnya. 

Ditempat terpisah, Bapak Suir Syam menyampaikan bahwa program ini akan terus digalakkan di daerah-daerah Sumatra Barat.





"Bagi kami selaku perwakilan Sumatra Barat, suatu kewajiban bagi kami untuk membawa program-program pusat itu ke daerah. Salah satunya program seperti ini. Tujuannya adalah bagaimana pemuda dan pemudi kita di Sumatra Barat memiliki keinginan untuk lebih mandiri dalam ranah keterampilan. Apalagi keterampilan tersebut memiliki nilai ekonomi yang mampu menyandang kebutuhan sehari-hari. Orientasi dari kegiatan ini adalah bagaimana masyarakat kita mampu melahirkan Tenaga Kerja Mandiri (TKM), "katanya. 

Adapun pelatihan keterampilan hari ini ada dua jenis. Keterampilan membuat tas rajut dan souvenir bahan baku kayu dan tempurung. 

Peserta kegiatan ini adalah pemuda pemudi, serta ibu-ibu yang memiliki keinginan kuat untuk berdikari atas keterampilannya.





Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari. Hendriko Putra,S.Sn , Kepala Bidang Seni dan Budaya Karang Taruna Kelurahan Gantiang menyampaikan terimakasihnya kepada Bapak Suir Syam.

"Atas nama Karang Taruna kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Suir Syam atas program ini. Kami bertekad menjadikan ini sebagai bentuk langkah awal bagi kami lebih kreatif lagi, sehingga karya kami nantinya bernilai ekonomis. Program ini akan kami jadikan sebagai pilot projek untuk memberikan wadah pemuda pemudi dalam berkreatifitas, " tutupnya.  (JE D)