Notification

×

Iklan

Iklan

Pemprov Sumbar Dukung Pembangunan Akses Menuju Destinasi Wisata Sawahlunto

10 Maret 2021 | 22.32 WIB Last Updated 2021-03-10T17:34:48Z



Sawahlunto -- .Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan mendukung kemajuan untuk Kota Sawahlunto seiring telah masuknya Kota Sawahlunto dalam Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO.



Bahkan Mahyeldi pun mendukung untuk Kota Sawahlunto sebagai destinasi wisata yang patut dikunjungi di Sumatera Barat.

"Untuk itu pemprov Sumbar mendukung dengan akan dibangunnya akses jalan menuju Sawahlunto yang bisa dilalui oleh kendaraan besar seperti shutle Bus Pariwisata," sebutnya.

Untuk itu, Mahyeldi meminta kepada Dinas PUPR bersama Wali Kota Sawahlunto bisa berkoordinasi terkait pembangunan jalan tersebut, kalau perlu minta bantuan dengan pusat.

Gubernur berharap sektor pariwisata yang terdapat di Sawahlunto dapat mendongkrak pendapatan perkapita daerah.

Menurutnya aspek yang perlu diperhatikan dalam pengembangan sektor pariwisata yakni, pemasaran pariwisata, pengembangan destinasi wisata, dan sumber daya manusia pelaku wisata.

"Kuncinya yaitu akses menuju tempat destinasi wisata. Kalau jalan sudah bagus, maka akses menuju tempat wisata semakin lancar," tuturnya.
Wagub Sumatera Barat Audy Joinaldy menambahkan dengan ditetapkannya Ombilin, Sawahlunto, sebagai warisan budaya dunia, maka dibutuhkan peningkatan infrastruktur seperti hotel, restoran dan lainnya.

"UMKM perlu didorong untuk maju di Sawahlunto bila ingin membuat Sawahlunto jadi destinasi wisata. Karena UMKM dengan pariwisata itu tidak bisa dipisahkan," jelasnya. (Rel/bd) 
×
Kaba Nan Baru Update