Notification

×

Iklan

Iklan

Menteri PPN/Kepala Bappenas Kagumi Geopark Nasional Ngarai Sianok Maninjau

10 April 2021 | 14.56 WIB Last Updated 2021-04-10T07:56:51Z

Geopark Nasional Ngarai Sianok Maninjau

Bukittinggi --Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa melakukan kunjungan kerja di Bukittinggi, Sabtu (10/4).


Kunjungan menteri bersama rombongan dalam rangka peninjauan Geopark Nasional Ngarai Sianok Maninjau tersebut disambut hangat oleh Walikota Erman Safar dan Sekda beserta Kepala SKPD terkait di Taman Panorma dan Lobang Jepang.


Dalam sambutannya Walikota Erman Safar mengucapkan selamat datang dan menjelaskan kondisi Kota Bukittinggi serta memperkenalkan Geopark Nasional Ngarai Sianok Maninjau yang telah ditetapkan dan diakui menjadi kawasan Geopark Nasional berdasarkan Keputusan Komite Nasional Geopark Indonesia bersama dengan 8 kawasan geopark lainnya secara nasional diinisiasi oleh Kemenkomaritim. 


Kedepan, berbagai upaya dilakukan untuk menuju Unesco Global Geopark, disamping itu Erman juga menjelaskna upaya untuk lebih menguatkan konsep  objek wisata Ngarai Sianok sendiri. 


“Ngarai sianok ini akan menjadi objek pariwisata yang akan kita optimalisasi dimalam hari, nantinya aka ada beberapa penambahan penguatan konsep semacam video mapping, dinding – dinding ngarai ini setiap malam weekend akan ditembak dengan video mapping dengan membuat video tentang sejarah pembentukan ngarai dan kota Bukittinggi”, ujar Walikota Erman Safar.  


Geopark Nasional Ngarai Sianok Maninjau


Sementara itu Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa terlihat sangat mengagumi keindahan ngarai sianok dan perkembangan Kota Bukittinggi saat ini, dan mengatakan sangat mendukung untuk menaikkan status kawasan ini menjadi kawasan dunia dengan mengusulkan kembali menjadi kawasan Unesco Global Geopark.


Pada kesempatan tersebut Menteri Monoarfa juga menyampaikan agar adanya penambahan tempat sampah ditengah kota dan pengurangan penggunaan kantong plastik dalam kehidupan sehari - hari.


“Saya mengusulkan agar disini kita tidak lagi menggunakan kantong plastik, hal ini juga akan membantu promosi daripada geopark sendiri, karena yang kita jual disini adalah lingkungan yang luar biasa ini”, ungkapnya.


Setelah melakukan sesi foto bersama dengan latar belakang keindahan Ngarai Sianok dan Gunung Singgalang, menteri bersama rombongan melanjutkan peninjauan objek wisata sejarah Lobang Jepang. (Ril/bd) 

×
Kaba Nan Baru Update