Notification

×

Iklan

Iklan

Hujan Deras, Surau Al Hidayah Bonda Posuak Nagari Taruang-Taruang Nyaris Tertimbun dan Terbawa Longsor

12 Mei 2021 | 13.15 WIB Last Updated 2021-05-12T06:30:51Z
Hujan Deras,  Surau Al Hidayah Bonda Posuak Nagari  Taruang -Taruang Nyaris Tertimbun dan Terbawa Longsor




Solok Pasbana.com -- Hujan deras yang mengguyur kawasan Nagari Taruang Taruang  Kabupaten Solok  dan sekitarnya, telah menyebabkan terjadinya longsor di kawasan tersebut, Rabu (12/05/2021).

Longsor yang terjadi di Jorong Balai Okak Nagari Taruang - Taruang Kecamatan IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok tersebut, terjadi di dua lokasi titik  yang berbeda  menyebabkan. 

Derasnya air menyebabkan Surau Al Hidayah Bonda Posuak  nyaris tertimbun  terbawa arus longsor serta menutupi badan jalan yang menghubungkan dua nagari . 

Yuhendri (Hendro) selalu Kasi Pelayanan Nagari Taruang Taruang kepada pasbana.com menyampaikan bencana longsor yang terjadi mengakibatkan sarana tranportasi masyarakat terganggu karena akses jalan terhalang. 


Hujan Deras,  Surau Al Hidayah Bonda Posuak Nagari  Taruang -Taruang Nyaris Tertimbun dan Terbawa Longsor



" Longsoran material dan  dua batang pohon  kelapa yang tumbang menutupi badan jalan yang menghubungkan dua nagari yaitu Nagari Taruang Taruang dan Nagari Siaro Aro sehingga jalan  tidak bisa  dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat serta satu  surau nyaris tertimbun longsor,"ungkapnya.

Hendro juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat  dan pemuda atas partisipasinya dalam pembersihan longsor tersebut. Sehingga jalan bisa dilalui kendaraan roda dua walau kendaraan roda empat masih belum bisa dilewati. 


Hujan Deras,  Surau Al Hidayah Bonda Posuak Nagari  Taruang -Taruang Nyaris Tertimbun dan Terbawa Longsor



" Untuk memotong batang kelapa yang tumbang tersebut memerlukan alat sinso dan saat ini masyarakat masih menggunakan alat seadanya," terangnya. 

Ketua Pemuda Taruang Taruang Husnal Petra, S.Pd  berharap kepada pemerintah setempat  dan instansi terkait untuk turun ke lapangan serta berharap dana bencana alam  bisa dialokasikan untuk mengecor dan membuat dam tebing di lokasi surau yang nyaris terbawa arus longsor tersebut. 

" Surau tersebut merupakan salah satu surau yang sangat aktif di Nagari Taruang Taruang dalam kegiatan keagamaan, dengan bukti pada MTQ tingkat nagari yang diadakan oleh Karang Taruna IPPTAS pada tanggal 8 dan 9 Mei 2021 H  kemarin, Jorong Balai Okak mendapat Juara umum. Kalau tidak segera diperhatikan berkemungkinan akan terjadi longsor susulan dan mengakibatkan surau tersebut terbawa arus longsor ,"tutupnya (Nal).
×
Kaba Nan Baru Update