Notification

×

Iklan

Iklan

Kampung KB Bukik Karan DInobatkan sebagai Kampung KB Percontohan

22 Mei 2021 | 19.33 WIB Last Updated 2021-05-22T16:31:56Z



Padang - Kampung KB Bukit Karan Kelurahan Rawang Kecamatan Padang Selatan dinobatkan sebagai Kampung KB Percontohan di Kota Padang.

Penobatan tersebut ditandai dengan penyerahan SK Wali Kota Padang oleh Kepala DP3AP2KB Kota Padang Editiawarman, S.Pd kepada Ketua Pokja Kampung KB Bukit Karan Iwan AP.

Penyerahan SK Wali Kota tersebut dilakukan bersamaan dengan kegiatan pembinaan Kampung KB Gudang Baro Karan di Aula Kantor Lurah Rawang, Kamis (20/5/2021).

Dalam sambutannya Kadis mengatakan bahwa Kelurahan Rawang merupakan satu-satunya kelurahan di Kota Padang yang memiliki dua Kampung KB yaitu Kampung KB Bukik Karan dan Kampung KB Gudang Baro Karan.

Kadis berharap dengan keberadaan dua Kampung KB di Kelurahan Rawang dapat berdampak terhadap kemajuan pembangunan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

"Kampung KB adalah bentuk konkrit sebagai salah satu solusi dari masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat," ujar Kadis.

Ia menambahkan, Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) menjadi model solusi strategis dalam penguatan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana), serta program pembangunan lainnya di berbagai tingkatan wilayah.

"Kampung KB juga merupakan sarana untuk memperkuat cakupan program Bangga Kencana dan program pembangunan lainnya," imbuhnya.

Sementara itu Lurah Rawang Ahmad Yani, S. Sos mengatakan bahwa Kampung KB di Rawang dapat berjalan dengan baik karena adanya dukungan dari tokoh masyarakat, lintas sektor dan pihak swasta yang ada di kelurahan, termasuk juga binaan dari Kecamatan Padang Selatan

"Keberadaan Kampung KB juga mendukung terwujudnya Kelurahan Rawang Bersinar (Bersih Narkoba) dengan berkoordinasi dengan BNNP Sumbar," sebut Lurah.

Menurut Lurah, selain melakukan edukasi, keberadaan Kampung KB juga dapat dimanfaatkan untuk menunjang tumbuh kembangnya perekonomian di wilayah tersebut.

Kita juga melakukan kerjasama dengan PT Bintang Toedjoe untuk pembinaan generasi muda melalui program penanaman bibit jahe merah, nantinya kawasan di sekitar Kampung KB akan kita tanami dengan jahe merah.

"Nantinya kita akan jadi salah satu pemasok jahe merah yang merupakan bahan baku utama pembuatan jamu oleh PT Bintang Toedjoe," katanya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Korwil PKB, Lurah, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kepala Puskesmas, Ketua LPM, RT/RW dan Ketua Pokja Kampung KB.(rilis) 

×
Kaba Nan Baru Update