Notification

×

Iklan

Iklan

18 Santri Khatam Alquran, Camat Irwan Suwandi Ajak Alumni Sukseskan Kemajuan TPQ Baiturrahman

22 Juni 2021 | 14.00 WIB Last Updated 2021-06-22T07:00:28Z


Payakumbuh - Sebanyak 18 orang santri TPQ/TPSQ Baiturrahman Kelurahan Sicincin Kecamatan Payakumbuh Timur mengikuti perayaan Khatam Alquran. Acara dilansungkan selama dua hari, Minggu-Senin (21-22/06/2021).


Guru ngaji TPQ/TPSQ Sari Sukma,  mengatakan dengan membaca Alquran hati menjadi tenang. Alquran merupakan kitab yang paling mulia diantara kitab-kitab yang lain.


Prosesi alek khatam Al-Quran sekarang ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelum nya dikarenakan daerah kita tengah di landa musibah virus Corona yang sangat menakutkan itu,dan itu acara khatam Al-Quran kali ini memang harus mengikuti Protap Kesehatan agar virus tersebut tidak mewabah ke daerah kita,"ujar nya, Senin (21/06). 


Lebih lanjut Sari Sukma katakan, dengan diawali Basimak peserta diuji dalam membaca Alquran dihadapan guru/dewan seleksi. Acara basimak diadakan pada Minggu (21/06) kemarin dan

Sari Sukma berpesan, agar setelah khatam ini para santri terus mengaji dan meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an dan ia juga mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah ikut  membantu dan mendukung dalam mensukseskan Khatam Al-Quran Baiturahman yang baru  saja sudah di gelar,"ucap Sari Sukma.




“Atas nama guru dan pengurus TPQ-TPSQ Baiturrahman, kami berharap kepada santri yang ikut khatam hari ini untuk senantiasa membaca Al-Qur’an dan meningkatkan kualitas pendalaman kajian. Al Qur’an sebagai kitab suci kita umat islam bukan sekedar dimiliki, tapi dibaca dan dipelajari serta diamalkan secara maksimal,” harap nya.


Sementara itu Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi kepada media menyampaikan, dalam mendalami Al-Qur’an, tentunya butuh dukungan dari orang tua dan para guru, kedua aspek ini juga harus diperkuat dengan kemauan santri. “Untuk itu, tumbuhkanlah jiwa ingin mendalami di dalam jiwa santri, ananda ku semuanya berkewajiban untuk itu,"sebut mantan Kabid Kominfo Kota Payakumbuh itu.


Karena ananda semua adalah pelanjut estafet kepeminpinan yang sedang dijalankan kini, kata Irwandi, kita berharap pemimpin kedepan berasal dari santri-santri yang shaleh, semoga pemimpin itu berasal dari santri Baiturrahman.


Ditambahkan Irwandi, dirinya sangat mengapresiasi guru ngaji TPQ Baitul Rahman yang telah mengwisudakan anak-anak kita ini,dan dengan sudah di khatam nya Al-Quran tersebut bisa menjadi pedoman hidup dalam menuju cita-cita yang akan di gapai nya.


“Untuk pengembangan TPQ kedepan, insyaallah pemerintah kecamatan akan siap mendukung. Kami juga berharap para alumni TPQ yang sudah sukses dan pernah dibina oleh Ibu Sari Sukma, mari turut membantu dan mengembangkan institusi ini. Ini bisa menjadi cikal bakal lembaga pendidikan agama yang professional dan maju di kecamatan kita berkat bantuan para alumni," pungkas Irwan. (BD)

×
Kaba Nan Baru Update