Notification

×

Iklan

Iklan

4 Desa Wisata di Sumbar Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

23 Agustus 2021 | 20.17 WIB Last Updated 2021-08-23T13:21:54Z

Sumatera Barat -- Penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 sudah mengerucut menjadi 50 besar se-Indonesia. Dari Sumbar, ada empat desa wisata yang masuk dalam jajaran 50 besar tersebut.


Pantauan di laman instagram @anugerahdesawisataindonesia pada Senin (23/8/2021), empat desa wisata dari Sumbar tersebut yaitu, Desa Wisata Sungai Batang (Agam) dan Desa Wisata Apar (Pariaman).

Kemudian, Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu (Tanah Datar) dan Desa Wisata Saribu Gonjong (Limapuluh Kota). Sebelumnya, ada sembilan desa wisata di Sumbar yang masuk 100 besar ADWI 2021.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, bahwa ada lebih 70 ribu desa di seluruh Indonesia.


Kemudian terangnya, terdapat 1.831 peserta desa wisata yang hebat-hebat dan sudah ikut ADWI 2021 dari 34 provinsi.


Sandiaga mengungkapkan, rangkaian kegiatan ADWI 2021 sudah melalui beragam tahapan. Mulai dari kurasi berdasarkan penilaian dewan kurator terhadap tujuh kategori penilaian klasifikasi desa wisata dan kelengkapan data melalui website jadesta.com.


“Mulai dari proses kurasi menjadi 300 besar desa wisata, lalu dikerucutkan menjadi 100 besar desa wisata. Hingga terpilih 50 besar desa wisata terbaik, desa wisata Indonesia Bangkit,” ucapnya.


Ia mengharapkan, melalui ADWI, akan disusun rencana pengembangan desa-desa wisata di seluruh Indonesia oleh Kemenparekraf.


Hal ini terang Sandiaga, untuk mewujudkan desa wisata yang berdaya saing, berkelanjutan dan berkelas dunia untuk Indonesia Bangkit.


Sebelumnya, ada sembilan desa di Sumbar yang masuk 100 besar ADWI 2021. Yaitu, dari Agam ada Desa Wisata Lawang dan Desa Wisata Sungai Batang.


Limapuluh Kota ada Desa Wisata Nagari Wisata Kapalo Banda Taram dan Desa Wisata Saribu Gonjong.


Kemudian, Tanah Datar ada Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu. Padang Panjang diwakili oleh Desa Wisata Kubu Gadang.


Selanjutnya, Desa Wisata Silokek (Sijunjung), Desa Wisata Sanjai (Bukittinggi) dan Desa Wisata Apar (Pariaman). (*) 

×
Kaba Nan Baru Update