Notification

×

Iklan

Iklan

Berhasil Tembus Ajang Popnas , Afri Bertekad Jadi Atlet Taekwondo Berprestasi

08 Agustus 2021 | 18:26 WIB Last Updated 2021-08-08T11:30:03Z


Padang Panjang - Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Demikian dirasakan Afri. Gagal di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas), dia jadi jawara di Bupati Cup untuk cabang olahraga taekwondo. Saat ini, dia semakin gigih berlatih untuk dapat terus mengukir prestasi.


Pria bernama lengkap Afri Ghozali Wibowo ini, pada akhir 2019 merupakan salah satu utusan dari Kota Padang Panjang untuk mengikuti Popnas yang diselengarakan pada 16-25 November 2019 di Pedulum IPC, Ciawi, Bogor. 


Ia mengikuti pertandingan di kategori under 63 kg. Pada pertandingan pertamanya, Afri memenangkannya dengan skor tipis 31-30 dan lanjut ke babak quarter final. Langkahnya terhenti di babak ini, karena kalah dengan skor 20-18. Namun kegagalannya itu, tidak membuatnya putus asa. 


Afri tetap giat latihan setiap Sabtu dan Minggu di depan halaman Kantor Pos Padang Panjang. Setelah Popnas, ia kembali mengikuti kejuaraan Bupati Cup yang diselenggarakan di Solok pada 20-22 Desember 2019. Demi ini, dia sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari. Jam latihannya ditambah dari biasanya. Biasanya sekali seminggu, menjadi dua kali seminggu.  Hasilnya…… Afri juara!


Perjuangan Afri menjadi atlet sudah dimulainya di usia 13 tahun. Kini alumni SMAN 3 Padang Panjang itu sudah berusia 19 tahun dan sudah pula menyandang sabuk hitam taekwondo. 


“Saya memilih beladiri taekwondo karena sistem pertandingannya asyik dan tekniknya lebih banyak menggunakan tendangan,” tutur Afri. 


Bisa sampai ke pertandingan Popnas yang merupakan iven resmi nasional adalah cita-cita Afri sejak dulu. Kendati gagal, dia tetap merasakan bagaimana impiannya bisa terwujud, membawa nama Padang Panjang ke pentas nasional.


Afri tidak mau cepat berpuas diri. Dia terus menggali potensi, mengincar prestasi. Tak pernah bosan latihan, selalu meningkatkan kemampuan. Harapannya, ke depan, jadi atlet taekwondo andalan. (AINI EKA PUTRI )