Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa KKN Unand Ikut Sukseskan Vaksinasi COVID-19 di Kampung Manggis

25 Agustus 2021 | 18.09 WIB Last Updated 2021-08-27T11:10:33Z

Padang Panjang -- Untuk mewujudkan vaksinasi massal, 16 mahasiswa KKN UNAND ikut berperan aktif mensukseskan vaksinasi di Kelurahan Kampung Manggis, Kota Padang Panjang pada Rabu (25/8/2021).

Puskesmas Kabun Sikolos mengadakan Vaksinasi dosis pertama dan kedua pada Rabu, 25 Agustus 2021 di Kantor Kelurahan Kampung Manggis.

Sebanyak 16 mahasiswa KKN UNAND berperan aktif mulai dari pendaftaran, pengukuran suhu tubuh dan mengarahkan masyarakat yang akan divaksin untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19 serta mengatur tata lokasi pelaksanaan vaksinasi dosis pertama dan kedua.

Melalui Kasi Tata Pemerintahan dan Trantibum, Zumardi merasa sangat terbantu dengan adanya mahasiswa KKN Unand yang ikut berpartisipasi aktif sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat Kelurahan Kampung Manggis, terlebih lagi untuk sumber daya manusia di Kantor Kelurahan Kampung Manggis cukup terbatas. 

Sasaran vaksinasi di Kelurahan Kampung Manggis cukup banyak menimbang masyarakat yang tersebar di 25 rukun tetangga (RT). Puskesmas Kabun Sikolos termasuk puskesmas yang menangani vaksinasi dengan sasaran yang cukup besar di Kota Padang Panjang, oleh karena itu membutuhkan usaha yang lebih ekstra dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut.

Melalui Lurah Kampung Manggis, Ilham Kusuma RY, S.STP dalam pelaksanaan vaksinasi kita membagi dalam beberapa sesi agar tidak terjadinya penumpukan atau kerumunan. Pembagian sesi ini sebagai upaya dalam melaksanakan himbauan dari Satgas Covid-19 di Kota Padang Panjang. Disisi lain, kami sebagai fasilitator dari kelurahan sangat termudahkan dengan adanya mahasiswa KKN UNAND dalam pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan oleh nakes Puskesmas Kabun Sikolos. 


“Mahasiswa membantu pengisian formulir bagi masyarakat yang akan divaksin, terkhusus bagi para lansia yang membutuhkan bantuan dalam pengisiannya.” Ujar Ilham. Sampai hari ini pelaksanaan vaksinasi di Kantor Kelurahan Kampung Manggis sudah dilaksanakan sebanyak tujuh kali dan rencananya akan berlanjut sampai selesai. 

Selain sukses berperan aktif pada pelaksanaan vaksinasi, mahasiswa KKN UNAND yang terdiri dari delapan fakultas tersebut juga turut membantu beberapa kegiatan yang ada di kelurahan seperti Testing, Tracing dan Treatment pada pasien Covid-19, penyaluran BST (Bantuan Sosial Tunai), serta layanan administrasi kependudukan. Tidak hanya membantu kegiatan di kelurahan, mahasiswa KKN UNAND yang terdiri dari 9 mahasiswa dan 7 mahasiswi tersebut juga melakukan program kerja utama diantaranya edukasi dan sosialisasi tentang digitalisasi UMKM, edukasi manajemen keuangan keluarga pada penerima PKH (Program Keluarga Harapan), edukasi dan sosialisasi tentang bahaya narkoba, bahaya game pada anak, waspada pinjaman online ilegal serta bijak bermedia social dan beberapa program kerja lainnya. Program diatas tidak terlepas dari bimbingan Dosen Pendamping Lapangan yaitu Ibu Dr. Upita Septiani, S,Si., M.Si. 

SMP Darul Hikmah manjadi salah satu tempat dilakukannya edukasi dan sosialisasi tentang bahaya narkoba dan bijak bermedia social. Kegiatan tersebut juga dihadiri dan didukung oleh Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Bripka Diko Mahaputra. Salah satu pesan beliau kepada siswa SMP Darul Hikmah “Jangan pernah mencoba narkoba apalagi menjadi pengedar narkoba, karena itu akan merusak masa depan dan hukumannya akan sangat berat.”

Dengan adanya kegiatan mahasiswa KKN UNAND ini diharapkan menjadi salah satu perwujudan dari Tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa harus dituntut mampu bersosialisasi dengan masyarakat dan berkontribusi secara nyata yang nantinya akan menjadi agent of change di tengah masyarakat. (Najib Ikram) 
×
Kaba Nan Baru Update