Notification

×

Iklan

Iklan

Atasi KIPI, Berikut Antisipasi yang Dilakukan Dinkes Payakumbuh

04 September 2021 | 23.11 WIB Last Updated 2021-09-04T16:11:07Z

Payakumbuh - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat akan menyiapkan obat-obatan yang dinilai dapat mengantisipasi Kipi atau kejadian ikutan setelah imunisasi untuk vaksin Moderna yang akan segera diberikan kepada masyarakat.


"Dari beberapa informasi yang didapatkan Kipi dari vaksin Moderna memang lebih dari vaksin Sinovac yang selama ini disuntikkan ke masyarakat Kota Payakumbuh," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Bakhrizal di Payakumbuh, Rabu.


Untuk itu, pihaknya akan menyiapkan obat-obatan seperti pengurang rasa sakit dan demam di lokasi penyuntikkan vaksin COVID-19.


"Oleh sebab itu masyarakat kita tidak perlu khawatir karena bisa diatasi baik dengan menggunakan obat seperti pengurangan rasa sakit dan demam," katanya.


Ia mengatakan bahwa saat ini vaksin Moderna sudah datang di Kota Payakumbuh sekitar 5.000 dosis yang akan disuntikkan kepada masyarakat dan tenaga kesehatan.


"Vaksin ini akan digunakan separuh dan separuhnya akan ditinggalkan untuk penyuntikkan dosis kedua untuk yang telah disuntikkan vaksin pertama," ujarnya.


Hanya dipakai separuh vaksin Moderna tersebut untuk memastikan agar penerima vaksin dosis pertama tetap mendapatkan penyuntikkan dosis kedua.


"Totalnya itu 3.640 dosis Moderna yang akan diberikan untuk masyarakat dan sebanyak 1.288 untuk tenaga kesehatan," ujarnya.


Ia mengatakan efikasi vaksin Moderna memang dinilai lebih baik dari vaksin Sinovac meskipun kipi dari vaksin Moderna lebih tinggi.


Tingkat efikasi dari vaksin Moderna mencapai 94,1 persen bagi yang telah disuntikkan dua kali dosis sedangkan untuk efikasi vaksin Sinovac mencapai 65,3 persen. (Antara) 
×
Kaba Nan Baru Update