Notification

×

Iklan

Iklan

Anugerah Kebudayaan Sumbar 2021 Diberikan kepada 8 Tokoh dan Komunitas Seni dan Budaya

03 Oktober 2021 | 19:10 WIB Last Updated 2021-10-03T12:10:48Z


Padang – Bersama tujuh budayawan, seniman dan komunitas seni di Sumatera Barat, Angku Yus Dt Parpatiah menerima anugerah kebudayaan dari Pemprov Sumatera Barat. 


Ketujuh yang menerima anugerah kebudayaan bersama putra Nagari Sungai Batang ini adalah, Rusli Marzuki Satria kategori Maestro, Mestika Zed dan Umar Malin Parmato kategori pelestari.


Kemudian di kategori pencipta/pelopor/pembaharu diberikan pada Edy Utama, Elly Kasim dan Pramono. Kategori komunitas diberikan pada Sanggar Bundo Kanduang.


Penghargaan ini bisa diberikan kepada tokoh yang telah meninggal dunia, namun tidak dapat lagi diberikan pada tokoh yang telah pernah mendapatkan anugerah kebudayaan sebelumnya.


Yus Dt Parpatiah budayawan asal Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, menerima anugerah kebudayaan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, pada Jumat lalu. 


Anugerah kategori maestro ini diserahkan Gubernur Mahyeldi , dalam rangkaian sidang paripurna HUT Sumbar ke-76 .


Mahyeldi mengatakan, anugerah kebudayaan ini merupakan penghargaan yang diberikan Pemprov Sumbar kepada individu dan kelompok atau lembaga yang dinilai berkontribusi pada kemajuan kebudayaan.


“Penghargaan ini diberikan kepada pejuang kebudayaan yang telah memberikan dampak positif terhadap peradaban daerah,” katanya.


Pemberian anugerah itu kali kedua yang dilakukan dalam sidang paripurna DPRD Sumbar. Sebelumnya Anugerah Kebudayaan juga diberikan pada 14 orang atau komunitas pada 2020.


“Anugerah ini akan diberikan setiap tahun sebagai bentuk penghargaan dari pemerintah daerah kepada pihak-pihak yang berkontribusi pada peradaban,”pungkasnya.

(rel)