Notification

×

Iklan

Iklan

Dua Tahun Berkiprah, TBM Gumala Kreatif Berhasil Raih Banyak Prestasi

03 Oktober 2021 | 19.17 WIB Last Updated 2021-10-03T12:17:56Z


Padang Panjang  – Bunda Literasi Kota Padang Panjang, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp, Jp menghadiri perayaan Ulang Tahun Ke-2  Taman Baca Masyarakat (TBM) Gumala Kreatif Kota Padang Panjang, Minggu (3/10) di Sekretariat Gumala Kreatif, Kelurahan Guguk Malintang, Kecamatan Padang Panjang Timur.

Dalam sambutanya, Bunda Dian mengucapkan selamat kepada TBM Gumala Kreatif yang sudah menginjak usia ke-2 tahun dan mengapresiasi pencapain prestasi yang sudah diraih Gumala Kreatif. 

“ Baru dua tahun berdiri, tetapi sudah banyak sekali prestasi yang didapat Gumala Kreatif, baik di tingkat kelurahan, kecamatan, kota, maupun di tingkat provinsi,” tuturnya.

Dian juga menyampaikan, dengan perayaan ulang tahun ke-2 TBM Gumala Kreatif dan prestasi yang sudah dicapai bisa meningkatkan motivasi masyarakat dan penggiat literasi yang ada di Kota Padang Panjang.

“Keberadaan Taman Baca Masyarakat  (TBM) di Kota Padang Panjang termasuk TBM Gumala Kreatif tentunya menjadi salah satu upaya pemerintah dengan masyarakat untuk meningkatkan literasi yang ada di masyarakat, agar terciptanya masyarakat yang literat dan berkualitas” jelasnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Afrizal, S.Sos menyampaikan, dengan momentum ini dapat dijadikan oleh pengurus TBM Gumala Kreatif untuk terus meningkatkan karya kreatifitas dan layanan kepada masyarakat. Dan bisa memacu tumbuh kembangan baik dalam membaca, belajar, serta berinovasi.

“Dalam catatan kami, keberadaan TBM Gumala Kreatif telah mampu menempatkan diri sebagai TBM penggiat literasi di kelurahan. Ini dibuktikan dengan prestasi terpilihnya TBM Gumala Kreatif sebagai juara 1 TBM terbaik di Kota Padang Panjang, dan berhak mewakili Padang Panjang  dalam penilai TBM terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat,” sebut Afrizal.

Ketua TBM Gumala Kreatif, Yandri Armaika, S.ST menambahkan, dengan perayaan ini bisa meningkatkan kolaborasi antar masyarakat dan mendaya gunakan sumber daya manusia (SDM) yang ada ditengah masyarakat.

‘’Kami berharap kedepannya kegiatan di TBM ini bertambah dan berfariasi seperti kegiatan seni. kami juga mengharapakan perhatian dari pemerintah untuk menjadi semangat dan motivasi bagi penggiat literasi yang ada di Kota Padang Panjang,” harapnya.

Usai Sambutan dari beberapa tamu undangan, Bunda Literasi Dokter Dian berkesempatan memotong kue ulang tahun ke-2 TBM Gumala Kreatif ikut bermain permainan anak tradisional “Congklak” bersama anak-anak dan penggiat literasi lainnya.

Kegiatan perayaan ini dilanjutkan dengan lomba congklak, lomba memainkan ban bekas, dan lomba orang tua bercerita. Turut hadir, Lurah Guguk Malintang, Bunda Literasi Kecamatan, Bunda Literasi Kelurahan, kabid dan staff Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan, PKK, dan perwakilan penggiat dan anak- anak TBM se-Kota Padang Panjang. (Rel/dg) 
×
Kaba Nan Baru Update