Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab Agam Berikan Beasiswa kepada 35 Orang Mahasiswa yang Kuliah di Timur Tengah

13 Oktober 2021 | 23.23 WIB Last Updated 2021-10-13T23:23:58Z

Agam -- Sebanyak 35 orang mahasiswa baru di Kabupaten Agam terima bantuan Rp105 juta dari Pemkab Agam untuk melanjutkan pendidikan di Timur Tengah.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, di Balairung Rumah Dinas Bupati Agam, Rabu (13/10).

Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman mengaku bangga kepada putra putri daerah Kabupaten. Agam  yang berhasil melanjutkan pendidikan di Timur Tengah, bahkan mayoritas mereka diterima di Universitas Al-Azhar Mesir.

"Ini sangat luar biasa, secara pribadi saya mengaku bangga. Selamat menuntut ilmu, semoga nanti ilmunya berikan manfaat yang besar bagi masyarakat, terutama di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing," ujarnya.

Ia berharap, setelah selesai menjalani pendidikan dan kembali ke Agam, lahir tokoh-tokoh baru yang akan membawa perubahan bagi daerah, sehingga mampu jadikan Agam lebih baik ke depan terutama bidang agama.

"Hari ini kita berikan bantuan pada mereka, sebagai dukungan untuk melanjutkan pendidikan. Jumlahnya memang tidak banyak, tapi ini bukti kepedulian kita pada dunia pendidikan," sebutnya.

Sebelumnya, kata bupati yang akrab disapa AWR ini, Pemkab Agam juga telah berikan bantuan biaya hidup bagi mahasiswa baru, yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi untuk 98 orang.

Ke depan, ia akan terus berupaya membantu anak yang terkendala biaya untuk melanjutkan pendidikan, dengan catatan harus memenuhi kriteria yang ditentukan seperti, cerdas, berasal dari keluarga kurang mampu dan anak yatim atau piatu.

"Maka kita sangat mendorong anak-anak untuk berprestasi di sekolah, agar nanti bisa dicarikan solusi dalam melanjutkan pendidikan jika terkendala biaya salah satunya dengan beasiswa," terangnya.

Lebih jauh, AWR mengucapkan terimakasih kepada Baznas serta donatur seperti perusahaan, bank dan lainnya, yang telah memberikan dana CSR nya untuk pendidikan.

Sementara itu, Ketua Baznas Agam, Eldi Zein mengatakan, untuk melanjutkan pendidikan ke Timur Tengah ini ada 50 permohonan yang masuk, setelah diseleksi dan verifikasi asnaf, memenuhi syarat hanya 35 orang berasal dari 11 kecamatan.

"Dari 35 orang itu, 31 orang diterima kuliah di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir, 1 orang di Universitas Sulaimaniyah Turki dan 3 orang di Universitas Ar-Rayyan Yaman," jelasnya.

Untuk program Agam Maju yang dicanangkan bupati ini, katanya, telah diterima dana melalui rekening Baznas Agam sebesar Rp605 juta, berasal dari CSR Bank Nagari Rp170 juta, donasi Bank Syariah Rp5 juta, CSR PT.AMP Plantation Rp100 juta dan Baznas Rp330 juta. (Rel/bd) 
×
Kaba Nan Baru Update