Notification

×

Iklan

Iklan

Peduli Pendidikan Difabel, DPC PPDI Padang Panjang dan Komunitas Tabungan Sekolah Optimalkan Program Kemitraan

21 Oktober 2021 | 23.58 WIB Last Updated 2022-06-27T08:22:54Z


Padang Panjang -- Pendidikan merupakan salah satu instrumen penting dalam memperkuat jati diri bangsa. Dalam rangka upaya meningkatkan kesetaraan di bidang pendidikan, DPC PPDI Kota Padang Panjang jalin kerja sama dan kemitraan dengan Komunitas Tabungan Sekolah yang bertempat di kediaman Ketua DPC PPDI Kota Padang Panjang, pada Selasa (19/10).

Dalam kegiatan kemitraan ini, DPC PPDI Kota Padang Panjang akan memberikan pendataan bagi penyandang disabilitas berprestasi yang masih bersekolah. Selain itu, PPDI juga akan mendampingi Tim Tabungan Sekolah selama melaksanakan kegiatan pembinaan bagi penyandang disabilitas yang akan menerima program dari Komunitas Tabungan Sekolah, jelas Ramadhan selaku Ketua DPC PPDI Kota Padang Panjang.

Sebagai salah satu elemen masyarakat, penyandang disabilitas kerap merasakan ketimpangan dalam berbagai aspek pembangunan, tidak terkecuali kesempatan untuk mengakses pendidikan yang layak. Meskipun UU No 8 tahun 2016 telah mengamanatkan hak-hak tersebut secara khusus bagi penyandang disabilitas, akan tetapi implementasinya masih belum optimal dan merata dirasakan oleh penyandang disabilitas, tambah Ramadhan. 

Sementara itu, Hesti selaku Ketua Komunitas Tabungan Sekolah menceritakan bahwa kegiatan kemitraan ini berangkat dari kegiatan talkshow yang diselenggarakan oleh Komunitas Tabungan Sekolah pada bulan September yang lalu, dengan menghadirkan Muhamad Ilham, S.Ds (Sekretaris DPC PPDI Kota Padang Panjang) sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut. 

Dalam kesempatan itu, Ilham memaparkan tentang pengalamannya dalam memperjuangkan kesetaraan hak bagi penyandang disabilitas di Kota Padang Panjang, termasuk salah satunya di bidang pendidikan. 



"Kami terpanggil untuk mengelaborasi permasalahan-permasalahan yang sejatinya bisa kami lakukan untuk mendukung perjuangan tersebut, tentunya di bidang pendidikan, " tutur Hesti. 

Tabungan Sekolah adalah program pemberian bantuan beasiswa bagi masyarakat miskin berprestasi di tingkat SD, SMP dan SMA. Program ini kita lakukan sebagai bentuk ungkapan terimakasih kepada negara yang telah membiayai pendidikan (sebelumnya) melalui program beasiswa LPDP. Program ini disupport langsung oleh seluruh alumni dan penerima beasiswa tersebut, terang Hesti.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa Program Tabungan Sekolah tidak hanya sekedar memberikan bantuan pendidikan berupa beasiswa saja, akan tetapi juga memberikan pendampingan dan pembinaan secara berkala dan berkelanjutan guna meningkatkan prestasi Adik Asuh yang menjadi sasaran program. 

Sebagai salah satu lembaga aspiratif dan akomodatif bagi penyandang disabilitas, DPC PPDI Kota Padang Panjang terus membangun akselerasi kebersamaan dengan semua pihak yang peduli dan tulus berbuat, terkhusus dalam rangka mencapai tujuan cita-cita kesetaraan dan kesejahteraan bagi penyandang disabilitas di Kota Padang Panjang. 

" Karena itu, ungkapan terimakasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada Tabungan Sekolah yang telah memberikan perhatian bagi penyandang disabilitas kami di bidang pendidikan. Alhamdulillah, hari ini sebanyak 5 orang teman-teman kami bisa menikmati bantuan beasiswa dari Tabungan Sekolah. Mudah-mudahan beasiswa ini bermanfaat bagi mereka dan kemitraan ini tetap berlanjut  dalam mendukung kesetaraan hak penyandang disabilitas di bidang pendidikan, " harap Ramadhan. (mby)
×
Kaba Nan Baru Update